Penting! 5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 18:00 WIB
5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/DONTREADWELL
Jakarta -

Jangan anggap remeh soal tersedak makanan. Beberapa orang bahkan harus meregang nyawa karena tersedak makanan. Bagaimana pertolongan pertamanya?

Aktor Marco Panari dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya karena tersedak makanan. Kasus ini membuktikan kalau tersedak makanan ternyata sangat berbahaya karena bisa menyumbat saluran pernapasan.

Tersedak makanan bukan hanya bisa dialami anak-anak, orang dewasa juga berpotensi tersedak makanan. Kondisi ini semakin parah jika ditambah suasana panik ketika tersedak. Tak banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi dan melakukan pertolongan pertama pada orang yang tersedak makanan.

Dilansir dari Healthline (5/2) tersedak tidak bisa dianggap remeh. Sumbatan makanan di saluran tenggorokan ini bisa saja membuat orang tak bisa bernapas. Dalam kasus berat, tersedak makanan disebut asfiksia.

Sebelum mengarah pada kondisi bahaya seperti gagal napas yang menyebabkan kematian, ada beberapa tips yang bisa diandalkan untuk mengatasi kasus tersedak makanan. Intinya, jangan panik dan usahakan tetap tenang agar makanan yang menyumbat bisa cepat keluar.

Berikut ini 5 hal sebagai pertolongan pertama saat tersedak makanan.


1. Batuk dan muntahkan makanan

Salah satu penyebab tersedak makanan adalah karena cara makan yang terburu-buru. Untuk itu, usahakan selalu makan dalam keadaan tenang dan perlahan. Namun jika terlanjur tersedak, cara pertama untuk mengatasinya adalah berusaha untuk batuk agar makanan bisa dimuntahkan.

Tetaplah tenang, lalu perlahan coba untuk batuk agar makanan yang menyumbat saluran pernapasan bisa segera keluar. Dengan terus batuk, makanan akan terdorong keluar. Atau bisa juga dengan memuntahkan makanan.

Kebanyakan orang salah kaprah soal pertolongan pada kasus tersedak makanan. Banyak yang justru meneguk air minum padahal cara ini tidak selalu efektif, terlebih untuk sumbatan makanan dengan ukuran yang cukup besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal Bajak Petai yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com