5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 12:30 WIB
5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Makan dengan cepat dan terburu-buru kadang membuat orang tersedak. Ada cara mengatasi tersedak makanan agar tidak berdampak bahaya.

Tersedak makanan tidak bisa dianggap remeh, makanan yang menyumbat saluran napas justru berakibat fatal jika tidak ditangani segera. Biasanya orang tersedak makanan ketika makan secara cepat dan terburu-buru.

Kebanyakan orang akan langsung minum air ketika mengalami tersedak makanan padahal ini bukanlah solusi yang tepat, apalagi saat kasus tersedak makanan sudah parah. Caranya adalah dengan minum soda atau berusaha untuk batuk. Tujuannya adalah agar makanan yang menghambat di saluran tenggorokan bisa segera keluar.

Berikut beberapa cara mengatasi tersedak makanan:

1. Jangan panik


Tersedak makanan biasanya terjadi secara spontan. Namun hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Ketika kamu panik, tubuh akan refleks merasa sesak napas dan pikiran juga jadi tak karuan. Reaksi panik ketika tersedak justru akan memperparah keadaan.

Jika kasus tersedaknya ringan, kamu bisa minum air namun disarankan untuk jangan meneguk air lebih dulu karena makanan yang tersangkut di tenggorokan justru akan semakin masuk dan menyumbat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Lava Cake Kukus"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com