Permen Jahe Diklaim Sembuhkan Corona, Ini Kandungan dan Manfaatnya

Devi Setya - detikFood Senin, 26 Jul 2021 19:00 WIB
Permen Jahe Diklaim Sembuhkan Corona, Ini Kandungan dan Manfaatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/4kodiak
Jakarta -

Sebuah produk permen jahe mengklaim bisa melarutkan virus corona. Sebenarnya apa saja kandungan permen jahe dan khasiatnya jika dikonsumsi?

Permen jahe bukanlah produk baru, permen ini bahkan termasuk makanan tradisional jadul karena sudah diolah dan dikonsumsi sejak lama. Tapi baru-baru ini ada permen jahe yang sempat menimbulkan pertanyaan banyak orang karena diklaim bisa melarutkan virus corona.

Dalam kemasan permen jahe ini tertulis klaim 'Dipercaya Dapat Melarutkan Virus Corona'. Kandungan 'edible surfaktan' juga ikut disebut sebagai penawar virus corona.

Terkait klaim tersebut, profesor farmakologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Apt Zullies Ikawati memberikan penjelasan. Dalam produk permen jahe ini tidak disebutkan dengan jelas surfaktan apa yang dimaksud dalam label tersebut. Berdasarkan fungsinya, kemungkinan yang dimaksud adalah pengemulsi.

Kepada detikcom (26/7) Prof. Zullies juga menegaskan belum ada hasil penelitian yang memastikan kemampuan surfaktan 'melarutkan' virus corona. Kalaupun memang bisa, kadar atau konsentrasi yang dibutuhkan juga perlu dipastikan, apakah sudah memenuhi kadar efektifnya.

Permen jahe sendiri banyak diproduksi secara tradisional karena memang bahannya mudah didapat serta proses pembuatannya sederhana. Untuk membuat permen jahe hanya dibutuhkan jahe segar, gula merah dan gula pasir.

Berikut beberapa fakta seputar permen jahe, mulai dari komposisi hingga khasiatnya untuk kesehatan:

1. Bahan utama permen jahe


Permen jahe sebenarnya bisa dibuat dengan mudah. Bahan utamanya adalah jahe segar, gula merah dan gula pasir. Beberapa orang menggunakan tambahan bahan pengental sejenis jelly untuk membuat permen jahe bertekstur empuk dan kenyal.

Jahe yang digunakan adalah jahe segar yang sudah dikupas dan dicuci bersih, kemudian jahe diparut hingga halus dan berserat. Barulah jahe dimasak bersama gula merah. Adonan permen jahe yang kental ini kemudian dicetak sebelum dipotong menjadi bagian kecil dan dikemas.

Ketika sudah mengeras, permen jahe memiliki rasa manis segar dengan aroma jahe yang kuat. Permen ini banyak dijumpai di angkutan antar kota antar propinsi sebagai obat penawar rasa mual selama perjalanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Hangat dan Nikmat! Tak Heran Kembang Tahu di Sini Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com