Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan

Riska Fitria - detikFood Senin, 26 Jul 2021 07:00 WIB
Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan Foto: iStock

3. Air Putih

Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang MenyehatkanMasya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan Foto: iStock

Air putih adalah minuman yang paling sehat. Ada bayak khasiat kesehatan yang diberikan dari minum air putih, seperti menghidrasi tubuh, meningkatkan tingkat fokus seseorang hingga melancarkan pencernaan.

Nabi Muhammad SAW pun sangat menyukai minum air putih. Hal tersebut pernah disampaikan oleh istri Nabi Muhammad SAW yang bernama Aisyah.

Aisyah mengatakan minuman paling digemari Rasulullah SAW adalah air tawar yang jernih. Perkataan Aisyah itu bersumber dari hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Dia berkata,: "Nabi paling senang meminum al-hulwu al-barid (air tawar yang jernih). Seperti air dari sumber mata air dan air sumur jernih yang rasanya manis-tawar,".

4. Minuman yang Manis dan Dingin

Masya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang MenyehatkanMasya Allah! Ini 4 Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW yang Menyehatkan Foto: iStock

Minuman dengan rasa manis dan dingin yang menyegarkan sangat disukai Nabi Muhammad SAW. Hal ini pernah disampaikan oleh sang istri, Aisyah. Aisyah mengatakan:

"Minuman yang paling disukai oleh Rasulullah Saw adalah yang manis dan dingin," (HR. Tirmidzi).

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah juga menjelaskan bahwa bentuk minuman seperti ini bisa lebih menjaga kesehatan karena segarnya dan membuat tubuh menjadi "fresh".

"Maksudnya adalah air dingin campuran dengan yang bisa membuatnya manis seperti madu, kismis, kurma atau gula. Ini lebih bermanfaat bagi tubuh dan bisa menjaga kesehatan,"

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com