Gadget Dapur Kekinian

5 Alat Masak Telur Praktis dan Kekinian yang Wajib Kamu Miliki

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 11:00 WIB
alat masak telur praktis dan kekinian Foto: e-commerce
Jakarta -

Ada beberapa alat masak telur yang praktis dan kekinian. Mulai dari kukusan telur elektrik hingga alat masak telur gulung kekinian yang wajib kamu punya.

Alat masak tak hanya terbatas soal kompor, wajan, panci, dan oven saja. Tapi, kini banyak alat masak modern yang praktis untuk digunakan.

Dulu memasak telur biasanya menggunakan panci untuk merebusnya. Lalu, untuk membuat telur goreng hanya menggunakan wajan biasa. Untuk memotongnya juga hanya menggunakan pisau biasa, namun kini banyak alat masak telur yang praktis dan kekinian.

Seperti alat kukusan telur elektrik, wajan teflon berbentuk lucu untuk menggoreng telur, hingga alat masak telur gulung praktis. Semua alat masak telur yang praktis dan kekinian ini bisa kamu temui di e-commerce dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut 5 alat masak telur praktis dan kekinian yang wajib kamu miliki.

1. Kukusan Telur Elektrik

Kukusan Telur Elektrik yang PraktisKukusan Telur Elektrik yang Praktis Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Jika biasanya telur rebus dimasak menggunakan panci berisikan air mendidih dan dipanaskan di atas kompor, kini kamu bisa memasaknya tanpa kompor. Hanya memerlukan alat kukusan telur elektrik.

Kukusan telur elektrik ini ukurannya juga tak terlalu besar, sehingga mudah dipindah dan dibawa kemana-mana. Kukusan telur elektrik ini bisa kamu temui di salah satu e-commerce dengan harga Rp 58.500 (belum termasuk ongkos kirim).

Cara menggunakannya sangat praktis. Kamu tinggal menyambungkannya ke arus listrik, kemudian isi air pada lempengan stainless steal. Lalu, masukkan 4-7 butir telur. Tunggu sekitar 8-10 menit untuk telur rebus setengah matang.

Menurut kami, alat kukusan telur ini wajib dibeli. Karena sangat berguna dibawa saat berlibur dan harganya juga terjangkau. Kamu bisa merebus telur untuk hidangan sarapan atau mengukus makanan lain.

Baca Juga: Tanpa Kompor, Kamu Bisa Bikin Telur Setengah Matang yang Lumer

2. Alat Masak Telur Gulung

Praktis! Bikin Telur Gulung dan Sostel Pakai Egg Roll Maker Rp 99.000Praktis! Bikin Telur Gulung dan Sostel Pakai Egg Roll Maker Rp 99.000 Foto: detikcom/Riska Fitria

Telur gulung biasanya dimasak menggunakan kompor dengan minyak yang banyak. Untuk membuatnya juga diperlukan keahlian, karena banyak orang sering gagal memasak telur gulung. Kini kamu tak perlu repot lagi untuk membuatnya, karena ada alat masak telur gulung yang praktis.

Alat masak telur gulung atau sostel (sosis telur) ini berbentuk silinder dan harus tersambung dengan listrik. Alat ini bisa kamu temui di salah satu e-commerce dengan harga Rp 99 ribu.

Cara memasaknya sangat mudah, kamu harus menunggu alat masak telur gulung ini sampai panas terlebih dahulu. Setelah panas, masukkan tusukkan dan telur ayam ke dalam alat itu. Tambahkan sedikit garam dan bubuk cabai kalau menyukainya.

Kamu hanya perlu menunggu sekitar 5-7 menit sampai telur gulung itu menyembul ke atas. Telur gulung pun siap dinikmati. Selain telur utuh yang dimasukkan, kamu juga bisa mengocoknya terlebih dahulu. Bisa juga dikreasikan juga dengan sosis atau otak-otak.

3. Alat Pemotong Telur Praktis

alat masak telur praktis dan kekinianalat pemotong telur rebus Foto: e-commerce

Telur rebus sebenarnya bisa langsung disantap begitu saja, namun banyak juga yang memotongnya untuk dicampurkan ke makanan lainnya. Untuk memotong telur rebus ini sebenarnya hanya memerlukan pisau saja. Tapi, terkadang ukurannya tidak beraturan.

Kalau ingin menghasilkan potongan telur rebus yang sama rata, kamu bisa menggunakan alat pemotong telur praktis berikut ini. Alat ini bisa ditemui di beberapa e-commerce dengan harga terjankau, mulai dari Rp 15 ribuan saja.

Alat ini terdiri dari dua tipe pemotongan. Ada yang bentuknya lingkaran, namun ada juga yang menyerupai bulan sabit. Caranya mudah, kamu tinggal menaruh dua butir telur di atas alat tersebut. Kemudian rekatkan dengan pengaitnya hingga telur rebus terpotong.

Baca Juga: 5 Diet Terbaik untuk Panjang Umur, Diet Mediterania hingga Okinawa

4. Pencetak Telur Rebus Tanpa Cangkang

alat masak telur praktis dan kekinianalat merebus telur tanpa cangkang Foto: e-commerce

Untuk merebus telur dalam panci di atas kompor biasanya masih dalam bentuk utuh. Namun, ada alat unik yang bisa membuat telur rebus tanpa cangkang. Yaitu menggunakan alat pencetak telur rebus.

Alat pencetak telur rebus tanpa cangkang ini bisa kamu temui di e-commerce dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan. Satu paketnya kamu akan mendapatkan 6 cetakan telur. Cara menggunakannya sangat praktis, kamu hanya perlu memecahkan telur dan letakkan di dalam cetakan.

Kemudian tutup cetakan tersebut dan rebus di dalam air mendidih. Setelah telur rebus siap, kamu tinggal mengeluarkan dari cetakan dan menyajikannya. Kamu tak lagi repot mengupasnya dan bentuknya akan sempurna.

5. Teflon Mini Cetakan Telur Karakter

alat masak telur praktis dan kekinianteflon mini cetakan telur Foto: e-commerce

Ketika memasak telur mata sapi atau telur ceplok memang paling mudah menggunakan wajan anti lengket (teflon). Karena, mudah ditiriskan tanpa harus merusak bentuknya. Jadi, tampilannya lebih menggugah selera.

Tak hanya teflon biasa, kini ada beragam wajan teflon dengan ukuran mini yang memiliki bentuk karakter lucu. Seperti bentuk hati, bunga, bintang, emoji, hingga kelinci. Telur mata sapi atau ceplok dengan bentuk karakter pasti disukai oleh anak kecil.

Kamu bisa membeli teflon berbentuk karakter lucu ini di e-commerce dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan. Gunakan saat memasak untuk anak di rumah. Pasti, anak kecil akan lebih lahap menyantap telur buatanmu.

Baca Juga: Masak BBQ dan Hot Pot Pakai Pan 2 in 1 Seharga Rp 125 Ribu, Worth It?



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com