7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 13:00 WIB
7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak Foto: iStock

5. Lemon dan Garam

7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak Foto: iStock

Perpaduan lemon dan garam juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap. Cara menggunakan sangat mudah. Pertama siapkan lemon dan potong menjadi dua atau tiga bagian.

Di wadah yang berbeda siapkan garam. Lalu, oleskan lemon yang sudah dipotong tersebut ke garam. Gunakan lemon itu untuk menggosok alat masak yang berbau.

Setelah digosok secara menyeluruh, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Baru kemudian dapat dibilas dengan sabun pencuci piring dan air bersih.

6. Kulit Lemon

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi kulit lemon juga demikian. Asam sitrat yang ada dalam kulit lemon dapat bermanfaat untuk banyak hal, termasuk untuk menghilangkan aroma amis pada alat masak.

Caranya adalah kupas lemon untuk mendapatkan kulitnya. Lalu rebus lemon tersebut sambil merendam alat masak yang berbau.

Rebus selama 20 hingga 30 menit baru kemudian dapat dibilas dengan air bersih. Jika tidak tersedia kulit lemon, kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk jenis lainnya.

7. Soda Kue

7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak7 Cara Alami Hilangkan Bau Amis Bekas Daging pada Alat Masak Foto: iStock

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari soda kue tetapi jarang diketahui orang banyak. Untuk menghilangkan bau menyengat daging pada alat masak bisa menggunakan dua sendok makan soda kue.

Kemudian campurkan cuka sebanyak 4 sampai 5 sendok makan. Potong lemon secara tipis-tipis dan masukan ke dalam campuran soda kue dan cuka.

Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan alat masak dengan cara digosok-gosok. Setelah digosok merata, bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga: Bersihkan Alat Dapur Jadi Mudah dengan 5 Bahan Makanan Ini

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com