Makanan Penambah Hb untuk Kondisi Seperti Ustaz Yusuf Mansur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 12:30 WIB
Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk Manusia Foto: Getty Images

3. Makanan tinggi vitamin A

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah makanan yang sifatnya memaksimalkan penyerapan zat besi. Selain vitamin C, makanan tinggi vitamin A dan betakaroten bisa diandalkan.

Makanan tinggi vitamin A antara lain ikan, hati, labu kuning, dan ubi. Pada ubi, misalnya, mengandung 1.400 mcg vitamin A di kulitnya. Jumlah ini lebih dari 150 persen dari kebutuhan harian akan vitamin A.

Lalu untuk makanan tinggi betakaroten termasuk buah dan sayur yang warnanya kuning, merah, dan oranye. Jenisnya antara lain wortel, ubi kuning, labu kuning, mangga, dan melon cantaloupe.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Vitamin A, Bisa Tingkatkan Sistem Imun

4. Hindari makanan yang menurunkan penyerapan zat besi

7 Minuman Penyebab Kembung, Hindari Susu hingga SodaFoto: Getty Images/iStockphoto/franz12

Selain mengonsumsi makanan penambah Hb, untuk meningkatkan kadar Hb juga perlu menghindari makanan-makanan yang sifatnya menurunkan zat besi.

Makanan ini termasuk makanan tinggi kalsium dan asam fitat. Healthline (21/7) menyebut jenisnya antara lain produk olahan susu (dairy), biji-bijian, kacang walnut, hingga kacang wijen.

Hindari juga konsumsi terlalu banyak kopi, teh, dan minuman soda. Minuman ini juga bersifat menurunkan penyerapan zat besi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com