Makanan Penambah Hb untuk Kondisi Seperti Ustaz Yusuf Mansur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 12:30 WIB
Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk Manusia Foto: Getty Images
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur dirawat di rumah sakit karena kadar Hb-nya rendah. Untuk mencegah kondisi serupa, ini makanan penambah Hb yang baik dikonsumsi.

Pada Rabu, 21 Juli 2021, ustaz Yusuf Mansur mengabarkan kondisi kesehatannya. Ia menyebut kadar hemoglobin (Hb) dan eritrositnya rendah sehingga membutuhkan donor.

Kadar Hb-nya hanya 5, padahal normalnya Hb laki-laki dewasa berkisar 14-18 g/dL (gram per desiliter). Kondisi Hb rendah bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan vitamin dan mineral tertentu.

Salah satunya zat besi yang berperan menghasilkan Hb dalam sel darah merah. Kekurangan Hb juga sering dikaitkan dengan anemia atau defisiensi zat besi.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Masuk RS Akibat Hb Rendah, Apa Kemungkinan Pemicunya?

Jika belum terlalu parah, Hb rendah bisa diatasi dengan konsumsi makanan tertentu. Makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan kadar Hb secara alami.

Berikut makanan penambah Hb yang bisa kamu konsumsi:

1. Sumber zat besi

Produksi Hb erat kaitannya dengan zat besi. Karenanya konsumsi makanan sumber zat besi sangat disarankan untuk meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah.

Dikutip dari Medical News Today (22/7), makanan sumber zat besi antara lain daging merah, hati sapi/ayam, ikan, produk kedelai seperti tahu dan edamame, telur, brokoli, serta sayuran hijau seperti bayam.

Kamu juga bisa mengonsumsi ragam kacang-kacangan dan biji-bijian. Kalau mau yang praktis, konsumsilah selai kacang. Pastikan pilih yang alami tanpa bahan pengawet dan gula tambahan.

Baca Juga: Selain Bayam, Ini 5 Makanan Enak Sumber Zat Besi Terbaik

2. Sumber folat

es kacang merahFoto: Getty Images

Folat adalah jenis vitamin B yang berperan penting dalam produksi hemoglobin. Tubuh menggunakan folat untuk memproduksi heme, komponen hemoglobin yang membantu membawa oksigen dalam darah.

Jika seseorang tak memiliki cukup folat, sel darah merahnya tidak akan berkembang, sehingga bisa menyebabkan anemia defisiensi folat dan kadar Hb rendah.

Makanan sumber folat terbaik adalah daging sapi, bayam, nasi, kacang-kacangan, kacang merah, alpukat, hingga selada.

Untuk buah, kamu juga bisa mengandalkan bit. Tiap 136 gram buah merah gelap ini mengandung sekitar 148 mcg asam folat atau sekitar 37 persen dari kebutuhan asam folat harian.

Baca Juga: 9 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Baik untuk Ibu Hamil

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com