Setelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu Kontroversi

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 13:00 WIB
Setelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu Kontroversi Foto: Daily Star
Jakarta -

Kontroversi soal pizza masih belum usai. Setelah nanas jadi topping pizza kini hadir pizza fish and chips yang memancing emosi masyarakat Inggris.

Beragam pizza dibuat dengan topping yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Misalnya seperti pizza asal Amerika yang menggunakan nanas sebagai salah satu bahan topping.

Tetapi inovasi topping pizza ini seringkali menuai kontroversi. Di negara aslinya, Italia, buah bukan merupakan topping yang pantas untuk diletakkan di atas pizza. Hawaian Pizza, jenis pizza yang menggunakan nanas sebagai toppingnya, bahkan dikecam keras oleh masyarakat Italia.

Sebuah restoran pizza di Jepang meluncurkan pizza dengan topping yang unik dan berbeda. Sayangnya pizza ini justru mendapat kecaman dari warga Inggris karena penggunaan toppingnya.

Setelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu KontroversiSetelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu Kontroversi Foto: Daily Star

Dilansir melalui Daily Star (19/7) gerai pizza Domino's di Jepang meluncurkan pizza dengan topping fish and chips bahkan lengkap dengan irisan lemon. Informasi dan foto-foto dari pizza tersebut kemudian tersebar di Reddit dan membuat masyarakat Inggris menjadi gaduh.

Baca juga: 7 Topping Pizza Teraneh di Dunia, Ada Daging Kanguru hingga Serangga!

Banyak yang bahkan menyebut inovasi ini sebagai tindak kriminal. Fish and chips sendiri merupakan makanan tradisional Inggris yang terbuat dari potongan ikan yang digoreng dengan berbalut tepung dilengkapi dengan kentang goreng dan irisan lemon.

Melihat pizza fish and chips diperjual belikan, masyarakat Inggris mengaku terganggu dengan pizza tersebut. Di seluruh gerai Domino's Pizza di Jepang menu ini disajikan dengan nama "Crispy Fish & Chips Pizza".

Menu tersebut juga dideskripsikan berisi fish and chips yang renyah, lemon, kentang iris, basil, saus tartar dan saus tomat. Pizza yang mencoba menggabungkan makanan tradisional Italia dan Inggris tersebut dibanderol hampir Rp 395 ribu.

Setelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu KontroversiSetelah Pizza Nanas, Kini Pizza Fish and Chips Juga Picu Kontroversi Foto: Daily Star

Beragam komentar, terutama dari masyarakat Inggris terlihat memenuhi Reddit. Banyak sekali dari pengguna Reddit yang terganggu dengan penampakan pizza tersebut.

"Bagaimana bisa orang-orang tidak tahu masalah ini tetapi marah dengan pizza bertopping nanas?," tulis salah seorang pengguna Reddit.

"Ini merupakan kriminalitas terhadap pizza dengan indikasi yang menyenangkan sebentar lagi akan ada 'Egg Benedict' pizza," tulis komentar sarkas pengguna lainnya.

Berbeda dengan warga Inggris yang heboh dengan kemunculan pizza ini, pengguna Reddit yang berasal dari Italia justru mengatakan ini topping yang wajar. Irisan lemon dan ikan di atas pizza adalah hal yang normal bagi mereka.

Menuai kontroversi di kalangan masyarakat Inggris tidak menghentikan gerai Domino's Pizza Jepang berhenti memproduksi pizza tersebut. Bahkan banyak netizen Jepang yang mengaku penasaran untuk mencobanya.

Baca juga: Para Chef Angkat Bicara Soal Kontroversi Nanas sebagai Topping Pizza



Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com