5 Kreasi Waffle Unik, Croffle hingga Waffle Mie Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 18:30 WIB
Waffle unik Foto: YouTube Ken & Grat
Jakarta -

Waffle biasanya disajikan dengan topping es krim, buah segar atau saus cokelat. Kini ada beberapa kreasi waffle yang unik. Ada croffle hingga waffle mie goreng.

Waffle merupakan adonan tepung, telur, gula dan mentega lalu dicetak menggunakan cetakan khusus. Biasanya waffle disajikan bersama topping manis. Ada juga yang diberi topping ayam goreng atau sosis dengan saus mayones. Dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang.

Belakangan muncul kreasi waffle yang unik. Seperti croffle yang saat ini menjadi hits di Indonesia. Ada juga waffle nasi goreng ala Kai EXO hingga waffle mie goreng.

Berikut 5 kreasi waffle unik yang rasanya nikmat.

1. Croffle

Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan SausDear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus Foto: detikcom/Riska Fitria

Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle. Makanan hybrid ini berupa adonan croissant yang dicetak menggunakan cetakan waffle. Karenanya croisant memiliki tekstur seperti waffle.

Croffle pertama kali muncul di Korea. Hidangan ini ditawarkan sebuah kafe yang ada di Seoul. Croffle di Korea disajikan dengan maple sirup dan es krim.

Saat ini croffle sangat populer di Indonesia. Ada banyak kafe yang menawarkan waffle dengan beragam rasa. Croffle paling populer di Jakarta adalah Dear Butter. Ada juga kafe lainnya yang menawarkan croffle adalah Tokyo Gorilla, The Bakerman, hingga Kopi Soe.

Baca Juga: Dear Butter: Krenyes Gurih Croffle dengan 5 Pilihan Saus

2. Waffle Nasi Goreng

Chef Arnold Poernomo Bikin Waffle Nasi Goreng ala Kai EXOChef Arnold Poernomo Bikin Waffle Nasi Goreng ala Kai EXO Foto: YouTube & Twitter Arnold Poernomo

Kai EXO juga memiliki kreasi unik. Adalah waffle nasi goreng kimchi yang belum lama ini kembali viral setelah chef Arnold Poernomo memasaknya. Saat itu nama chef Arnold Poernomo langsung merajai trending Twitter.

Hidangan ini menggunakan bahan utama nasi goreng kimchi yang asam pedas. Kemudian nasi goreng ini dicetak menggunakan cetakan waffle selama beberapa menit sampai teksturnya agak renyah.

Setelah itu, waffle nasi goreng ini disajikan dengan selembar keju cheddar 'quick melt'. Bisa juga ditambahkan potongan sosis goreng dan telur mata sapi. Cara memasaknya mudah asalkan kamu memiliki cetakan waffle.

Baca Juga: Chef Arnold Bikin Waffle Nasi Goreng ala Kai EXO, Netizen Heboh

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Krenyes Manis Croffle, Paduan Croissant dan Waffle"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com