MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam

Riska Fitria - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 07:00 WIB
MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam Foto: iStock

4. Pandangan Ulama tentang Daging Kambing

MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam IslamMasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam Foto: iStock

Dilansir dariHidayatullah.com, para ulama pernah menyampaikan pendapatnya soal manfaat daging kambing. Seperti Muhammad bin Wasi' yang menyebut bahwa daging kambing dapat menambah kekuatan penglihatan.

Sementara Qadhi Iyadh berkata, "Rasulullah SAW gemar mengambil daging bagian lengan disebabkan oleh kematangannya, aroma yang wangi, rasa yang lazat, manis dan jauh dari tempat-tempat yang berbahaya,".

Menurut Imam Az Zuhri, daging kambing dalam menambah 70 kekuatan atau tenaga. Sementara Ali bin Abi Thalib pernah berkata:

"Makanlah daging, sesungguhnya daging dapat membuat warna menjadi jernih, membuat perut menjadi lapar dan dapat memperbaiki akhlak,"

Al-Farzdaq berkata, "Ambillah daging bagian depan. Hindarilah kepala dan perut, karena keduanya adalah sarang penyakit,"

Begitu pula dengan Adz-Dzhahabi dalam Thibbun Nabawi menjelaskan jika limpa daging kambing tidak bagus, maka bisa mengakibatkan sakit empedu.

Umar bin Khaththab menganjurkan untuk tidak makan dagin kambingg belebihan, "Hindarilah daging, karena sesungguhnya daging itu mengandung zat yang ganas seperti ganasnya khamer," (Imam Malik dalam Al-Muwaththa)

5. Keberkahan pada Kambing

MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam IslamMasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam Foto: iStock

Ada beekah pada kambing karena hewan tersebut dapat bermanfaat tidak untuk untuk makanan tetapi banyak hal. Hal itu pernah diuraikan oleh ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah:

"Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak ,karena kambing beranak tiga kali dalam setahun,".

"Sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain," (Dalam Al-jami' liAhkaamil-Qur'an 10/80, Darul Kutub Al-Mishriyah, Koiro, 1384 H, syamilah).

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Sumatera, Ada Kari Kambing dan Asam Padeh Daging

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com