MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam

Riska Fitria - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 07:00 WIB
MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam Foto: iStock
Jakarta -

Pengonsumsian daging kambing sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan. Padahal tahukah kamu bahwa ada keberkahan di dalam daging kambing.

Kambing merupakan salah satu hewan yang dikurbankan dalam hari raya Idul Adha. Daging kambing juga merupakan jenis daging merah yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Berawal dari makanan pokok di Timur Tengah, Afrika Utara dan Karibia, kini daging kambing juga populer hingga ke Amerika dan Eropa. Namun, beberapa orang menghindari daging kambing karena mitos yang beredar.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Jawa, Rabeg hingga Gorengan Kambing

Disebutkan bahwa mengonsumsi daging kambing berbahaya untuk kesehatan, seperti meningkatkan kolesterol. Mungkin itu bisa saja terjadi jika dikonsumsi terlalu banyak dan dimasak dengan cara yang salah.

Nabi Muhammad SAW pun sangat menyukai makan daging kambing. Bahkan beliau juga seorang penggembala kambing. Rasulullah SAW mengatakan bahwa ada keberkahan di dalam daging kambing.

1. Nabi Muhammad SAW Penggembala Kambing

Keberkahan dalam daging kambing pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits yang berbunyi, "Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing kerana di dalamnya terdapat barakah," (HR Ahmad).

Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

Tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing. Para sahabat bertanya, 'apakah engkau juga?'. Beliau menjawab, 'iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath'," (HR. Al Bukhari, no. 2262).

2. Nabi Muhammad SAW Suka Makan Daging Kambing

MasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam IslamMasyaAllah! Ini 5 Keberkahan Daging Kambing dalam Islam Foto: iStock

Daging kambing merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah SAW. Bagian kambing yang disukai Nabi Muhammad SAW adalah bagian lengan.

Abu Hurairah r.a. berkata, "Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut),".

"Dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wasallam," (HR. Muslim)

Namun, bukan berarti Nabi Muhammad SAW tidak menyukai bagian lain dari daging kambing. Dhuba'ah binti Zubair menceritakan bahwa Ia pernah menyembelih seekor kambing.

Ketika utusan Rasulullah SAW menemuinya, yang tersisa dari daging kambing itu hanya lehernya, sehingga Ia malu jika harus menghadiahkan kepada beliau.

Utusan Nabi Muhammad SAW kemudian menceritakan itu kepada beliau. Lalu beliau bersabda:

"Kembalilah kepadanya dan katakan 'Antarkan saja leher tersebut, karena itu adalah penunjuk kambing, Leih dekat kepada kebaikan dan paling jauh dari penyakit," (HR Bukhori Muslim dan Ahmad).

Baca Juga: Ustaz Khalid Basalamah: Nabi Muhammad SAW Penggemar Daging Kambing

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com