Jeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKM

Riska Fitria - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 16:15 WIB
Jeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKM Foto: TikTok @kopiortu
Jakarta -

Barista dan para pelayan di kedai kopi di Malang, Jawa Timur menderita akibat PPKM darurat. Aturan tersebut membuat kedai kopi menjadi sepi pelanggan.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah kebijakan pemerintah Indonesia untuk menanggulangi angka positif COVID-19 yang terus bertambah belakangan ini.

Salah satu aturan dalam PPKM adalah tidak memperbolehkan rumah makan, warung makan, kafe hingga restoran untuk melayani makan di tempat. Jadi, semua pemesanan harus dilakukan secara online dan take away.

Baca Juga: Selama PPKM, Rumah Makan Lesehan Tutup dan Hanya Layani Take Away

Jeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKMJeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKM Foto: TikTok @kopiortu

Adanya aturan PPKM tersebut memang sejak awal sudah menuai pro dan kontra dari masyarakat. Di samping tujuannya untuk mengurangi angkat COVID-19, aturan PPKM justru membuat pekerja di bidang food and beverage merasa kesulitan.

Sebab adanya aturan tersebut faktanya membuat warung atau kedai menjadi sepi pelanggan. Seperti yang dialami oleh sebuah kedai kopi bernama Kopi Ortu yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Lewat video TikTok @kopiortu (16/07) mereka kompak menyampaikan keluhannya dengan aturan PPKM. Mulai dari barista hingga pelayan menuliskan pesan yang membuat netizen ikut sedih.

Jeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKMJeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKM Foto: TikTok @kopiortu

Pesan-pesan tersebut berbunyi, "Kami rindu bunyi pesanan bel orderan", "Segelas kopimu sangat berarti bagi kehidupan kami", "Bantu kami tersenyum lagi dengan segelas kopimu".

Ada juga yang menuliskan, "Janji ini PPKM yang terakhir ya pak" dan "Kamu di rumah aja, biar kamu penuhi asupan kopimu". Pesan tersebut tuliskan di sebuah papan yang dipegang masing-masing.

Mereka berharap bahwa aturan PPKM kali ini adalah yang terakhir kalinya. Hal tersebut juga disetujui oleh pelaku bisnis kuliner lainnya. Mulai dari warung makan hingga kafe dan restoran.

Jeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKMJeritan Hati Pelayan Kedai Kopi yang Sepi Pelanggan Akibat Aturan PPKM Foto: TikTok @kopiortu

Video tersebut langsung menyita perhatian netizen. Banyak netizen yang ikut sedih melihat kondisi yang terjadi di masyarakat.

"Ya Allah nangis gue pas baca tulisan 'Janji ini PPKM yang terakhir ya pak'. Pray fpt food and beverage department," tulis netizen.

"Dari pertama corona masuk kedai kopi langsung bangkrut. Gimana ama pelaku usaha yang lain. Tolong pak jangan perpanjan lagi," tulis netizen lainnya.

@kopiortu

Semoga ini menjadi PPKM untuk yang terakhir kalinya .Sekarang kumpul bareng #familyfirst dulu ya#nikmatngopidorumahaja#kopiortu #fyp #fyp

♬ Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth

Baca Juga: Salut! Driver Taksi Online Ini Bagikan Kopi Gratis untuk Petugas PPKM Darurat



Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com