30 Resep Kambing dan Sapi Idul Adha

5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 11:00 WIB
5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek Foto: iStock

2. Sesuaikan Ukuran Daging

Merebus daging dalam keadaan utuh dan masih berukuran besar menjadi kesalahan yang banyak dilakukan. Sebaiknya potong daging menjadi berukuran lebih kecil agar waktu perebusan yang dibutuhkan tidak terlalu lama.

Sesuaikan potongan daging dengan jenis makanan yang akan disajikan. Saat memotong daging usahakan untuk berlawanan arah seratnya. Memotong daging berlawanan arah serat ini bertujuan untuk melunakkan serat dan urat pada daging agar saat matang daging tidak menjadi alot.

Daging dengan potongan dadu agak kecil hanya akan membutuhkan waktu perebusan kurang dari satu jam. Sedangkan daging dengan ukuran yang lebih besar bisa memakan waktu perebusan hingga dua atau bahkan tiga jam.

3. Gunakan Api Kecil

Raw Beef going into Fondue Pot-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb CameraFoto: iStock

Tips rebus daging biar empuk selanjutnya adalah soal besaran api. Mengatur besar kecilnya api saat merebus daging juga penting diperhatikan. Penggunaan api besar saat perebusan daging memang akan mengempukkan daging tetapi dapat merusak tekstur dari daging itu sendiri.

Saat awal mendidihkan air dan memasukkan daging menggunakan api berukuran sedang masih diperbolehkan. Ketika melihat daging sudah mulai berubah warnanya segeralah untuk mengecilkan api agar bagian dalam daging empuk secara merata.

Merebus daging dengan cara ini sebenarnya tidak perlu waktu yang lama. Daging cukup direbus sekitar 30 hingga 40 menit saja dan jangan terlalu lunak. Perebusan daging yang terlalu lunak akan merusak tekstur alami daging dan membuatnya mudah hancur saat dimasak dengan bumbu.

4. Teknik Merebus 5-30-7

Teknik merebus 5-30-7 ini dikatakan sebagai cara merebus daging yang hemat gas namun hasil dari perebusannya daging akan cepat empuk. Cara ini banyak digunakan bagi rumah tangga yang tidak memiliki presto untuk mengempukkan daging.

Pertama-tama siapkan panci yang telah diisi air yang cukup untuk merebus daging. Panaskan air hingga benar-benar mendidih baru kemudian masukkan potongan daging yang ingin dimasak.

Rebus daging selama 5 menit. Setelah 5 menit matikan api kompor dan tutup rapat panci kemudian biarkan selama 30 menit. Saat panci ditutup pastikan sudah benar-benar rapat dan jangan dibuka hingga waktu 30 menit habis.

Setelah didiamkan selama 30 menit nyalakan kembali api kompor. Lanjutkan untuk rebus selama 7 menit dan setelah selesai cek tekstur daging.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com