Sajian Maknyus Idul Adha

5 Cara Memasak Daging Supaya Cepat Empuk, Hasilnya Lezat Juicy

Devi Setya - detikFood Jumat, 31 Jul 2020 12:00 WIB
istilah daging sapi dari wagyu, usda prime beef, kobe, grass fed, grass finished fed, wet aged, dry aged Foto: iStock
Jakarta -

Daging yang empuk tentu akan membuat rasanya jadi lebih lezat. Ada banyak cara memasak daging supaya cepat empuk, masakan jadi lezat juicy.

Untuk beberapa hidangan seperti rendang atau sop memang perlu waktu lama untuk pemasakan agar daging empuk dan bumbunya meresap sempurna. Proses pemasakan yang lama memang otomatis membuat daging bertekstur empuk. Lalu bagaimana untuk hidangan yang proses masaknya hanya sebentar?

Eits jangan sedih dulu, karena ada banyak cara memasak daging supaya cepat empuk. Tekniknya sederhana,kamu hanya perlu memperhatikan bentuk potongan daging atau mengandalkan bahan alami yang ampuh untuk membuat tekstur daging empuk.

Baca juga : 7 Cara Alami Mengempukkan Daging

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging.

1. Potong berlawanan arah serat

Tips simpan daging sapi dan ayamCara memasak daging supaya cepat empuk.Foto: iStock


Teknik paling sederhana untuk membuat tekstur daging empuk adalah dengan memperhatikan bentuk potongan daging. Hindari memotong daging mengikuti alur serat, cobalah memotong daging berlawanan dengan arah serat. Cara ini terbukti efektif membuat daging bertekstur lebih empuk.

Perhatikan juga bentuk dan ukuran potongan daging. Untuk membuat rendang atau sop, boleh saja membuat potongan daging yang agak tebal karena proses masaknya memang lama. Tapi untuk masakan yang cepat olah, coba potong daging dengan bentuk irisan tipis atau kecil.

Masakan seperti teriyaki, sate goreng atau tongseng hanya membutuhkan waktu masak yang singkat jadi buatlah potongan dagingnya lebih tipis. Selain cara memasak daging supaya cepat empuk, bumbu juga bisa meresap dengan baik pada daging yang ukurannya lebih kecil.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3