Viral Penjual Nangis Terharu Ketika Segelas Es Tebu Ditawar Rp 500 Ribu

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 19 Jul 2021 11:30 WIB
Jakarta -

Sebuah video yang menunjukkan seorang penjual es tebu nangis terharu viral di TikTok. Karena segelas es tebunya ditawar dengan harga Rp 500 ribu.

Kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali bertujuan untuk menekan lonjakan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia. Kebijakan ini sudah berlangsung selama 2 minggu lebih.

Namun, nyatanya banyak orang yang mengalami kerugian karena PPKM Darurat ini. Penjual makanan dan minuman sepi pelanggan, terutama para pedagang kecil.

Seperti penjual es tebu yang kisahnya diunggah oleh pengguna TikTok @matpeciii (17/7). Dalam videonya, seorang pria yang kerap dipanggil Mat Peci bersama sang istri membeli segelas es tebu.

Viral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 RibuViral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 Ribu Foto: TikTok @matpeciii

"Tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci," tulis keterangan dalam video yang dibagikan oleh akun TikTok @matpeciii.

Baca Juga: Jalani Diet Selama 'Lockdown', Mahasiswi Ini Turun BB 32 Kilogram

Telah dikonfirmasi oleh detikFood (18/7), penjual es tebu yang sepi pembeli ini diketahui berada di kawasan Cikampek, Kabupaten Karawang. Penjual ini tampak terduduk di bawah pohon sambil menunggu pelanggannya datang.

Kemudian, Mat Peci dan sang istri langsung menghampiri untuk membeli segelas es tebu itu. Sebenarnya es tebu itu harganya Rp 5.000 segelas. Namun, Mat Peci dan istrinya menawar segelas es tebu itu dengan harga yang tinggi. Melalui video juga diketahui kalau es tebu itu baru laku terjual sebanyak 4 gelas.

Viral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 RibuViral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 Ribu Foto: TikTok @matpeciii

"Berapa teh lima ribu? Jangan lima ribu atuh, seratus ribu aja ya?" kata istri Mat Peci.

"Jangan jangan seratus ribu, dua ratus ribu aja ya teh?" sahut istri Mat Peci lagi.

Penawaran itu masih berlanjut, hingga Mat Peci mengakhirinya dengan tawaran harga Rp 500 ribu. "Yaudah yaudah nih lima ratus ribu aja," ujarnya.

Viral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 RibuViral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 Ribu Foto: TikTok @matpeciii

Saat penawaran berlangsung, wajah ibu penjual es tebu ini tampak kebingungan. Ia juga sampai terbata-bata dan menahan tangis. Ketika Mat Peci memberikan penawaran harga Rp 500 ribu, ia juga masih tak percaya dan mengucapkan, "Yang bener pak? Terima kasih ya."

Ibu penjual es tebu itu menerima uang pemberian Mat Peci dan sang istri. Ia pun tak sanggup lagi membendung tangisnya sampai bersujud di depan gerobak dagangannya sambil terus menangis sesenggukan.

Baca Juga: Mengapa Rasulullah SAW Selalu Makan Kurma Dalam Jumlah Ganjil? Ini Alasannya

Kepada detikFood (18/7), Mat Peci membagikan ceritanya secara langsung. "Saya sedang di jalan pake mobil bareng istri, kebetulan haus dan mencari pedagang minuman. Kebetulan di pinggir jalan ketemu ibu-ibu lagi duduk kayak termenung di bawah pohon lagi jualan es tebu pake gerobak, gerobaknya juga udah lusuh gitu," ujar Mat Peci.

"Raut wajah ibunya kayak berharap ada pembeli yang datang. Akhirnya aku dan istri berembuk gimana caranya kita memberi tapi secara terhormat dan menghargai ibu penjualnya. Akhirnya diputuskan kita beli minumannya tapi kita tawar ke harga yang lebih tinggi. Saat disamperin aku tanya udah laku berapa sampe sore ini, ibu itu bilang baru terjual 4 gelas saja," sambungnya.

Viral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 RibuViral Penjual Nangis Terharu Es Tebunya Ditawar Harga Rp 500 Ribu Foto: TikTok @matpeciii

Sampai berita ini dituliskan, video milik Mat Peci ini telah ditonton sebanyak 18 juta kali dan disukai oleh 1,9 pengguna TikTok. Komentarnya juga sangat beragam.

"Sehat terus orang baik," komentar netizen.

"Mba bapak semoga rejekimu mengalir seperti air," sahut netizen lain.

"Nangis, terharu banget!" tulis netizen lain.

Baca Juga: 5 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com