Keren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin Haru

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 17:30 WIB
Keren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin Haru Foto: Facebook/Kosmo
Jakarta -

Meski usianya sudah tidak muda lagi. Tapi pria berusia 73 tahun ini masih menjalankan tugasnya sebagai seorang ayah, yang membantu putrinya berjualan tudung saji setiap harinya.

Bagi Husin Yakub, menjadi seorang ayah yang selalu ada untuk putrinya adalah pekerjaan utamanya. Pria berusia 73 tahun asal Malaysia tersebut, sehari-harinya membantu sang putri berjualan tudung saji untuk melindungi makanan dari debu dan serangga.

Baca Juga: Salut! TikToker Ini Traktir Driver Ojol Belanja di Minimarket

Sang putri bernama Mariani Husin, merupakan penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan berbicara dan mendengar sejak ia lahir. Mariani yang kini berusia 37 tahun, setiap harinya membuat tudung saji berbagai motif dengan kedua tangannya.

Keren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin HaruKeren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin Haru Foto: Facebook/Kosmo

Dilansir dari Sinar Harian (17/07), menurut Husin, semua tudung saji buatan putrinya selalu diminati banyak orang. Ditambah dengan detail tudung saji yang cantik, dan semuanya dibuat manual secara handmade.

"Saya selalu mendukung semua usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh putri saya. Saya juga tidak pernah memaksanya, karena saya sadar dia memiliki keterbatasan," ungkap Husin, yang melihat sang putri pertama kali belajar membuat anyaman untuk tudung saji pada tahun 2015 lalu.

Husin juga aktif membantu sang putri berjualan tudung saji. Ia semangat mengikuti pameran, kemudian menawarkan tudung saji ke orang-orang.

Tak hanya itu, Husin memasarkan kerajinan tangan anaknya ini lewat Facebook. Tudung sajinya tak hanya berfungsi sebagai penutup makanan saja, tapi juga sebagai pajangan sampai pemanis di atas meja makan.

Sebelumnya Husin bekerja sebagai pegawai di salah satu tempat makan lokal tak jauh dari rumahnya. Namun semenjak pandemi, dia kehilangan pekerjaannya karena tempat makannya gulung tikar.

Keren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin HaruKeren! Perjuangan Ayah Bantu Anaknya Jualan Tudung Saji Bikin Haru Foto: Facebook/Kosmo

Sekarang Husin benar-benar membantu putrinya berjualan. Untuk kisaran harganya masih cukup terjangkau. Satu tudung saji berukuran besar dengan anyaman tangan dijual seharga RM 70 (Rp 240.000). Sementara untuk tudung saji ukuran kecil harganya hanya RM 35 (Rp 120.000).

"Walau kini Mariani memiliki penghasilan dari penjualan tudung sajinya. Tapi saya siap membantu meringankan bebannya," pungkas Husin. Karena dalam waktu satu minggu, Mariani hanya bisa membuat satu tudung saji saja.

Banyak netizen yang terharu dan mendoakan agar Husin selalu diberikan kesehatan serta rezeki. Karena sudah tulus dan sabar, merawat putrinya yang memiliki kekurangan sampai di usianya yang sudah tak muda lagi.

Baca Juga: Kisah Ayah Tunggal Berjuang Jual Cakwe Demi Dua Anaknya



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Bawal Sambal Dabu-dabu dalam Lumpang Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com