Jadi Komoditi Ekspor, Daun Talas Punya Nutrisi Untuk Perkuat Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Minggu, 18 Jul 2021 07:00 WIB
Jadi Komoditi Ekspor, Daun Talas Punya Nutrisi Untuk Perkuat Imun Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/PhanuwatNandee
Jakarta -

Banyak negara yang mengimpor daun dan batang talas asal Indonesia. Ternyata kalau dikonsumsi, daun talas mengandung segudang manfaat.


Di Indonesia, talas termasuk tumbuhan yang mudah ditemui namun tak banyak diolah. Padahal bukan hanya umbinya yang bisa diolah jadi makanan, daun dan batang talas juga bisa dikonsumsi. Talas kerap diolah dengan cara direbus atau digoreng. Namun popularitasnya tak seperti singkong ataupun ubi.

Tumbuhan dengan nama latin Colocasia esculenta ini diyakini sudah dikonsumsi sejak zaman purba. Bahkan talas dianggap sebagai makanan pokok sebelum manusia mengenal padi. Tak hanya umbinya, daun dan batang talas juga bisa dimakan namun harus diolah dengan benar.

Di Jawa Barat sebenarnya batang talas sudah lama diolah sebagai sayur, dikenal dengan sebutan sayur lompong. Untuk bagian daunnya, teksturnya empuk mirip bayam. Sayangnya, tumbuhan ini terkadang bergetah sehingga orang sungkan mengolahnya.

Selain enak, daun dan batang talas ternyata tinggi nutrisi. Dilansir dari Healthline (15/7) dalam 100 gram daun talas mengandung 86.66 gram air dan 42 kkal energi. Selain itu, daun talas juga mengandung protein, serat, zat besi, serta berbagai mineral. Batang talas juga mengandung vitamin A sebanyak 2000 IU, vitamin B1 0,08 mg, dan vitamin C 31 mg.

Beberapa eksportir Indonesia bahkan mengaku kewalahan mendapat pesanan daun dan batang dari berbagai negara. Sebenarnya apa saja manfaat konsumsi daun dan batang talas?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat dari daun talas untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di dalam daun talas terkandung vitamin C dalam jumlah banyak. Vitamin ini membantu berperan menjaga kebugaran tubuh. Vitamin C dalam jumlah cukup juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika tubuh kekurangan vitamin C maka sel tidak dapat bekerja optimal melawan patogen, hal inilah yang membuat imunitas menurun. Daun talas bisa dikonsumsi sebagai sayur atau campuran makanan lainnya.

Cara mengolahnya mudah, cukup rebus daun dan batang talas sampai lunak lalu beri bumbu perasa. Kamu juga bisa menambahkan irisan batang talas sebagai campuran dalam telur dadar, urap sayur ataupun makanan olahan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Lobster Mentai Mozzarella yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com