5 Manfaat Roti Gandum, Sehatkan Pencernaan dan Bikin Langsing

Devi Setya - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 07:00 WIB
heap of various bread on wooden background Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio
Jakarta -

Selama ini roti gandum populer di kalangan para pelaku diet, padahal roti sehat ini bisa dikonsumsi siapapun. Tak hanya bikin langsing, manfaat makan roti gandum juga sangat banyak.

Roti gandum dibuat dari tepung gandum yang kaya serat. Meskipun teksturnya kasar dan hambar rasanya, kandungan gizi roti gandum juga sangat banyak dibandingkan roti biasa. Terutama kandungan seratnya yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.

Di samping itu, roti gandum juga rendah kalori sehingga bisa jadi pilihan makanan sehat yang tak bikin bobot badan melonjak. Dilansir dari Healthline (15/7) roti gandum memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Konsumsi roti gandum di pagi hari membuat perut kenyang lebih lama.

Jika dikonsumsi secara rutin, ada deretan manfaat roti gandum yang bisa kamu dapatkan mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, membuat langsing dan juga mencegah risiko stroke.

Berikut beberapa manfaat konsumsi roti gandum secara rutin.

1. Lebih kaya nutrisi


Roti gandum mengandung nutrisi kompleks. Dilansir dari Medical News Today (15/7) satu potong roti gandum ukuran reguler mengandung 67 kkal kalori, 1,07 lemak, 12,3 gram karbohidrat dan 2,37 gram protein. Roti gandum juga mengandung 0 mg kolesterol.

Roti gandum juga memiliki lebih banyak kandungan zat gizi seperti vitamin B dan serat dibanding roti putih. Keunggulan roti gandum adalah kandungan gizi yang tinggi namun rendah kalori.

Tentu ini jadi makanan yang tepat untuk kamu yang sedang menjaga berat badan. Kamu bisa makan banyak namun tak menumpuk kalori dalam tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Roti Tisu? Apaan Tuh?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com