Ini Kalori Potongan Ayam Goreng, Bagian Paha hingga Sayap

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 13:33 WIB
Kalori Ayam Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ayam goreng makanan favorit banyak orang. Ada yang menyukai potongan dada, sayap, paha bawah, maupun paha atas. Berikut jumlah kalori tiap potongan ayam goreng.

Ayam goreng adalah makanan yang banyak ditemui di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jenis ayam goreng paling populer di Indonesia adalah ungkep kuning dan ayam goreng tepung atau ala KFC.

Biasanya ayam goreng di Indonesia dinikmati bersama nasi panas, sambal, dan lalapan. Rasanya gurih nikmat dan membuat makan makin berselera.

Baca Juga: Konsumsi 5 Buah Ini untuk Naikkan Kadar Oksigen Tubuh

Setiap orang pasti memiliki potongan ayam goreng favorit. Ada yang menyukai bagian dada, sayap, paha atas, dan paha bawah. Karena karakteristik daging pada setiap bagian ayam sangat berbeda. Ada yang juicy maupun berdaging tebal.

Dilansir dari Health Line (19/9), setiap potongan ayam goreng memiliki kalori yang berbeda-beda. Dikarenakan ada bagian ayam yang dagingnya banyak, namun ada juga yang lebih berminyak dengan kulit yang tebal.

Berikut ini kalori tiap potongan ayam goreng.

1. Bagian Dada

Bagi penyuka daging, pasti akan menyukai ayam goreng bagian dada. Karena, dagingnya tebal dan berserat. Potongannya juga lebih besar, jadi akan lebih puas menikmatinya.

Dalam satu potong ayam goreng bagian dada sekitar 172 gram mengandung 284 kalori. Jumlah kalori ini didapatkan dari protein dan lemak yang terkandung dalam dada ayam.

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam

2. Bagian Sayap

Kalori Ayam GorengKalori Ayam Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto

Sayap ayam juga banyak punya penggemarnya. Biasanya mereka memilih sayap ayam karena punya rasa yang lebih gurih dan tidak banyak bagian dagingnya.

Potongannya juga lebih kecil dan banyak tulangnya. Untuk jumlah kalorinya, ternyata ayam goreng bagian sayap mengandung kalori rendah. Dalam satu sayap ayam (21 gram) hanya mengandung 42,6 kalori.

3. Bagian Paha Atas

Kalori Ayam GorengKalori Ayam Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk mereka yang doyan bagian daging juicy, ayam goreng paha atas jadi andalannya. Kulit pada paha atas juga cukup besar. Sementara kulitnya cukup tebal dengan lapisan lemak di bawahnya.

Pasti penggemar kulit ayam akan puas menyantapnya. Untuk jumlah kalorinya terdapat 209 kalori dalam 100 gram ayam goreng bagian paha atas.

4. Bagian Paha Bawah

Kalori Ayam GorengKalori Ayam Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto

Paha bawah atau drumstick juga banyak penggemarnya. Biasanya paha bawah disukai anak-anak karena dagingnya yang lembut dan terdapat kulitnya.

Paha bawah juga mudah dipegang, sehingga mereka tak repot saat menikmatinya. Untuk ayam goreng paha bawah (44 gram) mengandung 76 kalori.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Cold Brew Sederhana di Rumah



Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Bakar Viral Ala Serial Upin Ipin"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com