Menyusui Bayi hingga 2 Tahun Tercatat dalam Al-Quran

Devi Setya - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 16:30 WIB
Ibu menyusui Foto: iStock
Jakarta -

Menyusui bayi hingga usia 2 tahun bukan hanya disarankan oleh WHO. Dalam Islam, menyusui bayi selama 2 tahun bahkan tercatat dalam Al-Quran.

Setiap ibu pasti ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk anaknya. Termasuk memastikan asupan nutrisi lewat ASI pada bayi baru lahir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan para ibu untuk memberi ASI ekslusif selama 6 bulan sejak bayi dilahirkan. Selanjutnya ASI bisa lanjut diberikan sambil makan makanan lunak hingga bayi berusia 2 tahun.

Ibu menyusuiIbu menyusui Foto: iStock

Dalam Islam, memberikan ASI pada bayi juga tercatat dalam Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 233.

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan," (QS. Al - Baqarah : 233)

Namun setiap ibu memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Banyak yang bisa menyusui anaknya dengan ASI ekslusif tapi tak sedikit yang kesulitan memproduksi ASI. Alhasil, ibu yang tak bisa menyusui akan beralih menggunakan susu formula.

Hal ini juga diperkenankan dalam Islam. Ibu yang tidak bisa menyusui bayinya tidak dianggap berdosa.

"Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya," (QS. Al - Baqarah : 233)

ASI mengandung nutrisi kompleks yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang bayi. Dalam ASI terkandung karbohidrat, protein dan vitamin yang diperlukan oleh bayi. Bahkan zat antibodi pun terkandung dalam ASI, fungsinya sebagai bekal imunitas pada bayi.

Untuk tetap bisa memproduksi ASI berkualitas dalam jumlah banyak, ibu harus memastikan asupan makanan yang dikonsumsinya bergizi. Selain itu, ibu juga harus dalam kondisi sehat dan bahagia.

Bagaimana cara memperbanyak ASI? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gemas Banget! 'Chef' Bayi Ini Lihai Masak di Dapur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com