7 Cara Kembalikan Nafsu Makan Setelah Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 13 Jul 2021 16:30 WIB
Tips Meningkatkan Nafsu Makan
Foto: iStock
Jakarta -

Infeksi Covid-19 memberikan gejala kehilangan indra penciuman dan perasa di lidah. Begini cara kembalikan nafsu makan setelah indra perasa hilang akibat Covid-19.

Covid-19 memang menyerang saluran pernapasan, namun beberapa pasien Covid-19 merasakan gejala berupa hilangnya kemampuan untuk mencium bau dan merasakan makanan. Jika mengalami gejala seperti ini biasanya penyintas akan kehilangan selera makan.

Mengikuti selera makan yang hilang dengan hanya sedikit makan justru berdampak buruk bagi penyintas Covid-19. Pasalnya nutrisi dari makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kembali pulih dan meningkatkan imunitas melawan coronavirus.

Para ahli punya beberapa langkah mudah untuk mengembalikan nafsu makan bagi para penyintas Covid-19 yang mengalami gejala kehilangan kemampuan untuk mencium bau maupun merasakan makanan. Mulai dari berkreasi dengan makanan hingga terus melatih lidah untuk kembali merasakan makanan yang dikonsumsi.

Berikut 7 cara kembalikan nafsu makan setelah indra perasa hilang akibat Covid-19, menurut MD Anderson Center (23/2):

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

1. Membuat Tampilan Makanan Menggugah Selera

Banyak yang mengatakan bahwa daya tarik makanan juga ditentukan oleh penampilannya. Ketika kehilangan indra penciuman dan perasa, memanfaatkan indra penglihatan bisa menjadi alternatif untuk mengakali nafsu makan yang menurun.

Tidak hanya dengan warna-warna bahan makanan, kamu juga bisa menggunakan peralatan makanan favorit serta menatanya sesuai dengan selera untuk meningkatkan nafsu makan. Menambahkan sedikit rempah untuk memberikan warna pada makanan secara alami juga tidak ada salahnya untuk membuat nafsu makan meningkat hanya dari pandangan mata.

2. Coba Makanan Asam

Mengonsumsi makanan dengan rasa asam untuk memancing produksi kelenjar air liur juga menjadi cara yang disarankan untuk meningkatkan nafsu makan. Walaupun lidah sedang tidak begitu baik untuk merasakan makanan, tetapi makanan dengan kadar asam yang tinggi akan ampuh memancing produksi air liur.

Hal ini sangat penting karena mulut yang kering adalah musuh dari makanan untuk dapat mengeluarkan rasanya. Salah satu caranya misalnya dengan minum jus lemon saat sebelum makan atau konsumsi camilan dengan mengunyahnya perlahan agar produksi air liur meningkat.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Atasi Gejala Pneumonia padaCOVID-19

3. Cicip Beragam Makanan

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

Jika biasanya kamu hanya memilih makanan tertentu, kondisi saat tidak begitu baik untuk bisa merasakan makanan juga menjadi kondisi yang baik untuk mencoba makanan lain yang kamu pikir tidak disukai. Coba konsumsi rempah segar untuk memancing lidah dapat merasakan bahan makanan kembali.

Pilih rempah yang cenderung kuat seperti jahe, cuka, saus yang pedas, acar atau bahan makanan dengan rasa yang cukup kuat yang tersedia di rumah. Jika merasa terganggu dengan rasa rempah segar, cara lainnya bisa dengan menambahkan lebih banyak bumbu dapur seperti bawang putih, bawang bombai atau cabai bubuk ke dalam makanan.

4. Konsumsi Makanan Bertekstur

Saat lidah sudah benar-benar kehilangan kemampuan untuk merasakan makanan, coba untuk melatihnya dengan tekstur makanan. Kombinasikan beragam tekstur makanan pada waktu makan menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk memancing nafsu makan. misalnya dengan makan yogurt yang dicampur potongan apel yang agak kasar atau sayur dengan potongan seledri yang agak besar.

"Beberapa pasien tidak memiliki nafsu makan pada makanan lunak seperti puding tetapi mereka masih mau untuk minum smoothie dan mengunyah makanan lainnya," kata Hwang selaku ahli gizi klinis.

5. Tambahkan Protein

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

Beberapa pasien Covid-19 yang kehilangan indra perasanya juga mengalami kesulitan saat mengonsumsi daging. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa daging rasanya seperti benda logam yang tidak enak untuk dimakan.

Mengakali variasi protein juga penting untuk dilakukan selama masa pemulihan dari Covid-19. Gunakan bahan-bahan makanan tinggi protein secara bergantian misalnya dengan ayam, ikan, telur, susu kedelai atau bahan-bahan lainnya. Jika masih mendapati rasa logam pada makanan coba ganti peralatan makan dengan peralatan yang terbuat dari plastik dan hindari menggunakan peralatan yang terbuat dari logam.

6. Sesuaikan Suhu Makanan

Beberapa pasien Covid-19 melaporkan bahwa mereka lebih menyukai makanan-makanan yang beku dan dingin ketika kehilangan indra perasanya. Jika kamu mengalami hal serupa, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi yogurt dingin, salad telur atau buah-buahan beku untuk tetap memancing nafsu makan dan menjaga asupan nutrisi tetap seimbang.

"Kamu dapat memilih untuk memanaskan makanan sisa atau cukup dengan membuat makanan tersebut berada pada suhu ruangan dan langsung memakannya," kata Ruzensky selaku ahli gizi klinis.

7. Tenang dan Bertahap

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

Tidak perlu terburu-buru dan panik ketika kamu benar-benar tidak mampu merasakan makanan. Melatih indra perasa untuk kembali mengenal rasa makanan secara konsisten dan bertahap lebih penting untuk dilakukan. Biarkan tubuh pulih dengan perlahan dan mengikuti waktu yang dibutuhkannya.

"Berusaha untuk menemukan hal-hal yang bekerja dengan baik pada lidahmu itu sangat penting. Jika kamu masih belum bisa merasakan rasa cokelat saat ini, cobalah beberapa hari lagi," kata Hwang.

Baca juga: Cara Mengembalikan Indra Perasa, Lakukan 5 Tips Makan Ini



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)