7 Cara Kembalikan Nafsu Makan Setelah Indra Perasa Hilang Akibat Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 16:30 WIB
Tips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

3. Cicip Beragam Makanan

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

Jika biasanya kamu hanya memilih makanan tertentu, kondisi saat tidak begitu baik untuk bisa merasakan makanan juga menjadi kondisi yang baik untuk mencoba makanan lain yang kamu pikir tidak disukai. Coba konsumsi rempah segar untuk memancing lidah dapat merasakan bahan makanan kembali.

Pilih rempah yang cenderung kuat seperti jahe, cuka, saus yang pedas, acar atau bahan makanan dengan rasa yang cukup kuat yang tersedia di rumah. Jika merasa terganggu dengan rasa rempah segar, cara lainnya bisa dengan menambahkan lebih banyak bumbu dapur seperti bawang putih, bawang bombai atau cabai bubuk ke dalam makanan.

4. Konsumsi Makanan Bertekstur

Saat lidah sudah benar-benar kehilangan kemampuan untuk merasakan makanan, coba untuk melatihnya dengan tekstur makanan. Kombinasikan beragam tekstur makanan pada waktu makan menjadi alternatif yang bisa dilakukan untuk memancing nafsu makan. misalnya dengan makan yogurt yang dicampur potongan apel yang agak kasar atau sayur dengan potongan seledri yang agak besar.

"Beberapa pasien tidak memiliki nafsu makan pada makanan lunak seperti puding tetapi mereka masih mau untuk minum smoothie dan mengunyah makanan lainnya," kata Hwang selaku ahli gizi klinis.

5. Tambahkan Protein

Tips Meningkatkan Nafsu MakanTips Meningkatkan Nafsu Makan Foto: iStock

Beberapa pasien Covid-19 yang kehilangan indra perasanya juga mengalami kesulitan saat mengonsumsi daging. Sebagian dari mereka mengatakan bahwa daging rasanya seperti benda logam yang tidak enak untuk dimakan.

Mengakali variasi protein juga penting untuk dilakukan selama masa pemulihan dari Covid-19. Gunakan bahan-bahan makanan tinggi protein secara bergantian misalnya dengan ayam, ikan, telur, susu kedelai atau bahan-bahan lainnya. Jika masih mendapati rasa logam pada makanan coba ganti peralatan makan dengan peralatan yang terbuat dari plastik dan hindari menggunakan peralatan yang terbuat dari logam.

6. Sesuaikan Suhu Makanan

Beberapa pasien Covid-19 melaporkan bahwa mereka lebih menyukai makanan-makanan yang beku dan dingin ketika kehilangan indra perasanya. Jika kamu mengalami hal serupa, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi yogurt dingin, salad telur atau buah-buahan beku untuk tetap memancing nafsu makan dan menjaga asupan nutrisi tetap seimbang.

"Kamu dapat memilih untuk memanaskan makanan sisa atau cukup dengan membuat makanan tersebut berada pada suhu ruangan dan langsung memakannya," kata Ruzensky selaku ahli gizi klinis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com