7 Adab Makan dalam Ajaran Islam Ini Dicontohkan Nabi Muhammad SAW

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 05:00 WIB
7 Adab Makan dalam Ajaran Islam Ini Dicontohkan Nabi Muhammad SAW Foto: Getty Images/Koh Sze Kiat
Jakarta -

Islam mengajarkan adab makan yang sebaiknya dilakukan tiap Muslim. Ada juga beberapa tips makan sehat yang bagus untuk dilakukan.

Dalam ajaran Islam, cara makan atau adab makan juga diatur dengan detail. Hal ini tercantum dalam Alquran dan kerap dicontohkan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

Jika dilakukan, adab makan ini memberi dampak positif untuk tubuh. Bentuknya berupa kebiasaan sebelum makan, setelah makan, hingga jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Salah satunya soal mencuci tangan. Jauh sebelum pandemi Covid-19 seperti sekarang, Nabi Muhammad SAW ternyata sudah menekankan pentingnya cuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan.

Lalu ada juga adab makan seperti membersihkan mulut usai makan dan mengonsumsi makanan secara perlahan. Tak ketinggalan tips makan sehat dengan dua makanan yang disebut memiliki khasiat sehat oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut 7 adab makan dalam ajaran Islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip dari The Express Tribune (11/7):

1. Makan dan minum secukupnya

Ajaran Islam menekankan pada moderasi yang berarti tidak terlalu banyak ataupun sedikit. Prinsip ini hendaknya diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pola makan. Sebagaimana tertulis dalam surat Al-A'raf ayat 31, "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan."

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda: "Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya (udara)" (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Hal ini terungkap dalam penelitian dimana makan terlalu banyak terbukti berdampak buruk untuk kesehatan. Misalnya alami kelebihan berat badan, obesitas, dan penyakit serius lainnya. Di sisi lain, makan terlalu sedikit juga berakibat buruk untuk kesehatan dan fungsi tubuh.

2. Bersihkan gigi usai makan

7 Adab Makan dalam Ajaran Islam Ini Dicontohkan Nabi Muhammad SAW7 Adab Makan dalam Ajaran Islam Ini Dicontohkan Nabi Muhammad SAW Foto: Getty Images/Koh Sze Kiat

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan. Pun untuk urusan kebersihan mulut, beliau selalu menganjurkan untuk bersiwak (sikat gigi) setiap kali usai makan.

Praktik membersihkan gigi usai makan ini juga baik untuk menjaga kesehatan mulut. Kamu akan terhindar dari risiko pembusukan gigi, gigi berlubang, dan infeksi gigi ataupun gusi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Ada Masakan Padang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com