Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW dan Isu Bisa Obati COVID-19

Riska Fitria - detikFood Minggu, 11 Jul 2021 06:00 WIB
Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock
Jakarta -

Labu kuning merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Belakangan ini labu kuning disebut-sebut dapat menyembuhkan COVID-19, apa benar?

Seiring dengan melejitnya angka pertumbuhan COVID-19 di Indonesia, banyak isu-isu soal makanan dan minuman yang diklaim dapat menyembuhkan COVID-19. Seperti Susu Beruang dan air kelapa hijau.

Namun, khasiat kedua minuman tersebut belum terbukti secara klinis untuk menyembuhkan COVID-19. Kemudian, muncul lagi isu bahwa labu kuning juga dapat menyembuhkan COVID-19. Kabar tersebut menyebar lewat pesan berantai di WhatsApp.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Disebutkan bahwa seseorang sembuh dari COVID-19 usai mengonsumsi labu hangat selama tiga hari. Namun, pernyataan tersebut juga tidak benar karena belum ada hasil penelitian tentang hal tersebut.

Bicara soal labu, labu memiliki cerita menarik dalam pandangan Islam. Mulai dari makanan penyelamat Nabi Yunus As hingga menjadi makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

1. Penyelamat Nabi Yunus As

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock

Dalam kisahnya Nabi Yunus As pernah dimakan oleh ikan besar. Setelah itu ia diselamatkan oleh Allah SWT dengan menumbuhkan pohon yaqthin atau labu. Kisah tersebut tertulis dalam Surah Ash-Shaffat ayat 139-148.

"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul (ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut burundi, lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian,".

"Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit,".

"Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedangkan ia dalam keadaan sakit. Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu,".

"Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih. Lalu mereka beriman, karena itu Kami anugerahkan kenikmatan hidup kepada mereka hingga waktu yang tertentu," (QS. Ass-Shoffat:139-148).

Baca Juga: Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com