Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air

Riska Fitria - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 06:00 WIB
Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan umatnya kebaikan dalam segala hal. Termasuk tentang adab yang baik ketika minum air sesuai dengan sunnahnya.

Sunnah adalah cara hidup yang ditetapkan sebagai normatif bagi umat Islam berdasarkan ajaran dan praktik Islam Nabi Muhammad SAW dan interpretasi Al Qur'an.

Sunnah penting karena itu adalah pedoman hidup umat. Sunnah mengajarkan mulai dari hal besar hingga yang sederhana sekalipun. Seperti cara yang baik ketika minum air, baik air putih, kopi dan teh.

Tak hanya sekadar meneguk air, tetapi harus dibarengi dengan adab-adab yang baik. Adab tersebut juga akan mengantarkan umat Muslim dalam kebaikan, karena manfaatnya telah dibuktikan secara ilmiah.

Berikut 7 adab yang baik ketika minum air dalam Islam:

1. Pakai Gelas yang Bersih

Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum AirMasya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air Foto: iStock

Saat minum air, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk tidak meminum langsung dari wadah. Misalnya seperti teko, kendi atau termos. Adab yang baik adalah menuangkan ke dalam gelas.

"Jangan minum langsung dari kendi air (atau wadah air apapun," (HR. Bukhori).

Karenanya pilihlah gelas yang bersih dan tuangkan air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa penting untuk tidak minum air terlalu banyak bahkan saat kamu sangat saus.

Hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah. Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

Dilansir dari WEBMD (11/06/20) kondisi itu bisa menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup cepat dan darah menjadi tergenang air.

Bahkan bisa menyebabkan kematian. Porsi yang ideal untuk minum air putih dalam sehari adalah 1,5 hingga 2 liter.

Baca Juga: Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasa

2. Mengucapkan Bismillah

Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum AirMasya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air Foto: iStock

Adab yang baik ketika minum air adalah mengucapkan 'Bismillah hir-Rahman nir-Rahim;. Artinya adalah 'Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang'.

Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Ketika mulai minum air pertama membaca bismillah," (Hadits Tirmidzi).

Maksud dari itu adalah kita sebagai umat Muslim benar-benar memuji AllahSWT yang memberi kami air minum. Karena tanpa AllahSWT tidak ada yang bisa bertahan hidup di bumi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Ngopi dan Liwetan dengan Suasana Pegunungan Asri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
eLife
×
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online
Di Balik Gemerlap Host Livestreaming Online Selengkapnya