5 Tips Kurangi Aroma Anyir pada Masakan Ikan

Diah Afrilian - detikFood Senin, 12 Jul 2021 11:00 WIB
5 Tips Kurangi Aroma Anyir pada Masakan Ikan Foto: iStock
Jakarta -

Aroma anyir atau amis pada ikan menjadi hal yang sulit diatasi saat memasak. Ternyata ada cara praktis yang bisa dilakukan untuk mengurangi aroma anyir pada ikan. Simak tips berikut ini.

Ikan menjadi salah satu makanan sehat yang banyak direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Hal ini berkaitan dengan nutrisi yang dikandung pada ikan.

"Konsumsi ikan menjadi cara terbaik sebagai asupan protein, vitamin dan mineral seperti iodin, selenium dan vitamin D," kata ahli gizi Michelle Routhenstein.

Tetapi aroma anyir pada ikan seringkali menjadi permasalahan yang sering dihadapi saat memasak ikan. Meskipun jika ikan benar-benar segar tak akan beraroma anyur. Beberapa tips saat mengolah bisa menyiasti tajamnya aroma anyir pada ikan.

Berikut ini tips untuk mengurangi aroma anyir pada ikan:

5 Tips Kurangi Aroma Anyir pada Masakan Ikan5 Tips Kurangi Aroma Anyir pada Masakan Ikan Foto: iStock

1. Rendam air jeruk nipis atau lemon.

Air perasan lemon mengandung asam yang terbukti ampuh untuk mengatasi amis pada ikan. Bau dihilangkan oleh adanya reaksi asam dan TMA.

Penambahan air jeruk lemon atau air jeruk nipis atau bumbu berbasis cuka dan membiarkannya meresap bisa membantu menghilangkan rasa dan bau amis.

Bahan-bahan asam lainnya bisa juga digunakan seperti cuka masak atau pun beragam jeruk lainnya. Bahkan beberapa bahan seperti bawang merah, asam Jawa, sirup maple juga bisa digunakan untuk menghilangkan amis.

Baca Juga: Kurangi Bau Amis Ikan dan Seafood dengan 5 Cara Ini

2. Menambahkan Tekstur Garing

Memasak ikan dengan menggunakan tambahan tepung atau bahan lain yang membuatnya menjadi garing ternyata bisa juga digunakan untuk menghilangkan aroma anyir. Cara memasak seperti ini juga diakui sebagai cara cerdas untuk mengolah ikan dengan mengubah teksturnya menjadi lebih lembut.

Salah satu cara favorit untuk meningkatkan rasa ikan adalah dengan lapisan tepung roti dan keju parmesan. Ikan jadi garing renyah dengan rasa gurih enak tanpa aroma anyir.

Cara ini bahkan dikatakan cocok untuk diterapkan pada ikan dengan daging putih. Seperti ikandori, ikan tenggiri atau ikan kakap merah dan hitam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com