Populer di Korea, Produsen Ini Bikin Mie Instan Rasa Indomie Goreng

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 11 Jul 2021 19:00 WIB
Mie Instan Rasa Mie Goreng Produksi Korea Foto: YouTube Rosakis
Jakarta -

Mie goreng Indonesia sangat populer di Korea. Saking populernya membuat produsen makanan di Korea menciptakan mie instan rasa mie goreng. Gimana rasanya?

Mie goreng adalah salah satu hidangan populer asal Indonesia. Berupa mie yang digoreng dengan bumbu manis gurih. Pelangkap mie goreng biasanya berupa ayam suwir, bakso, sosis, telur, dan sayuran.

Hidangan ini tak hanya populer di Indonesia, tapi juga mancanegara. Seperti di Korea, mie goreng sangat banyak peminatnya. Bisa jadi karena rasanya mirip makanan Korea.

Terbukti dengan banyaknya mie goreng yang ditawarkan oleh restoran-restoran Indonesia di Korea. Mie instan rasa mie goreng Indonesia yang diproduksi oleh Indomie juga banyak penggemarnya.

Mie goreng ini tak hanya bisa ditemui di minimarket saja, melainkan di supermarket. Harga Indomie goreng di Korea mencapai Rp 12 ribuan per bungkus.

Karena melihat kepopuleran mie goreng Indonesia di Korea, salah satu produsen makanan di sana menciptakan mie instan rasa mie goreng. Produsen itu berasal dari minimarket GS25 yang populer di Korea.

Baca Juga: Resep Chicken Wings ala Korea Buat Camilan Nonton Bola

Mie Instan Rasa Mie Goreng Produksi KoreaMie Instan Rasa Mie Goreng Produksi Korea Foto: YouTube Rosakis

Dalam video yang dibagikan oleh YouTuber Rosakis (10/7), mie instan Korea rasa mie goreng Indonesia ini bisa ditemui di seluruh minimarket GS25 yang ada di Korea.

"Ini nggak ada kaitannya dengan PT. Indonesia. Dan ini dibuat dari Convinience Store GS25 katanya. Jadi ini benar-benar dibuat dari PT Korea sendiri," kata Rosakis dalam videnya.

Mie instan rasa mie goreng Indonesia ini bernama Crispy Onion Mie Goreng 'Indonesian Style'. Kemasannya berupa mangkuk dengan warna dominan oranye dan hijau.

Harga mie instan GS25 rasa mie goreng Indonesia ini dibanderol 1200 Won (Rp 15 ribuan). Dalam videonya, Rosakis membeli sebanyak 4 bungkus mie instan untuk diulas.

Mie Instan Rasa Mie Goreng Produksi KoreaMie Instan Rasa Mie Goreng Produksi Korea Foto: YouTube Rosakis

Tak seperti mie instan mie goreng asal Indonesia yang harus direbus terlebih dulu, mie instan produk Korea ini bisa diseduh dengan air panas. Setelah air ditiriskan, barulah dicampurkan bumbu bubuk, minyak bawang, dan bawang goreng.

Porsi mie instan rasa mie goreng Indonesia ini cukup besar dibandingkan Indomie mie goreng. Menurut Rosakis, ketebalan mie-nya mirip dengan mie instan Indonesia yang cenderung tipis.

"Ini mienya tipisnya kayak mie Indonesia," ujar Rosakis.

Mie Instan Rasa Mie Goreng Produksi KoreaMie Instan Rasa Mie Goreng Produksi Korea Foto: YouTube Rosakis

Baca Juga: Lebanon Alami Krisis Ekonomi Parah, Warganya Terpaksa Jadi Vegan

Menyoal rasa, Rosakis dan Jun yang mencicipinya terlihat bingung. Karena keduanya pernah tinggal di Indonesia sejak kecil, tentu saja sudah terbiasa dengan rasa mie goreng Indonesia.

Rosakis mengatakan kalau tekstur mienya memang mirip mie instan Indonesia, namun rasanya justru berbeda. Menurutnya, mie instan GS25 rasa mie goreng Indonesia ini lebih mirip mie Korea 'yukgejang'. Ia merasakan rasa mie goreng Indonesia tapi hanya 80 persen kemiripannya.

"Hmm tekstur mienya karena tipis ya oke tapi kalau dari mienya terasa kayak ada mie namanya yukgejang di Korea," jelas Rosakis.

"Ya walaupun nggak bisa 100% lah, kayaknya 80% mirip ke Indonesia," imbuhnya.

Mie Instan Rasa Mie Goreng Produksi KoreaMie Instan Rasa Mie Goreng Produksi Korea Foto: YouTube Rosakis

Video ini mengundang beragam komentar dari netizen Indonesia. Banyak di antara mereka yang memberikan saran kepada GS25 agar menambahkan kecap manis ke dalam bumbunya.

"Indonesia bikin mie instan rasa Korea sedangkan Korea bikin mie instan rasa Indonesia," komentar netizen.

"Harusnnya ada kecap manisnya pasti mirip baget!" sahut netizen lain.

"Biar rasanya sama dan tambah Indonesia ditambah kecap manis sama saus sambal," ujar netizen lain.

Baca Juga: 5 Tempat Jajan Cireng Kekinian Isi Ayam hingga Keju Lumer



Simak Video "Mengulik Sejarah Ramyeon Pedas dari Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com