Chef Ini Sajikan Kaviar di Atas Es Krim Durian dan Bolu Pisang

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 10 Jul 2021 16:00 WIB
Kaviar di atas es krim durian dan bolu pisang Foto: Jonathan Wong, South China Morning Post , iStock
Jakarta -

Kaviar menjadi makanan mahal di dunia dan biasanya disajikan sebagai topping makanan. Tetapi chef di Hong Kong inimenyajikan kaviar di atas es krim durian dan bolu pisang.

Kaviar merupakan telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami. Berupa butiran kecil berwarna hitam dengan rasa gurih creamy. Kaviar termasuk makanan paling mahal di dunia karena mendapatkan ikan sturgeon bertelur cukup sulit.

Biasanya, kaviar disajikan untuk pelengkap makanan. Seperti menjadi garnis dan ditaburkan di atas makanan. Seperti topping sushi, toast, pizza, salmon, keripik, pasta, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Diet Vera Wang agar Awet Muda dan Ramping di Usia 72

Dilansir dari South China Morning Post (9/7), ada beberapa chef di Hong Kong yang menyajikan kaviar di atas hidangan dessert. Seperti chef Leonard Cheung yang menyajikan kaviar di atas bolu pisang manis dan lembut.

Kaviar di atas es krim durian dan bolu pisangKaviar di atas es krim durian dan bolu pisang Foto: iStock

Sepotong bolu pisang dan pada topping-nya terdapat kaviar yang melimpah. Chef ini menyajikan bolu pisang dengan kaviar untuk hidangan malam tahun baru pada 2015 lalu di Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Ide menyajikan kaviar di atas bolu pisang ini chef Cheung lakukan karena melihat kaviar yang banyak tersisa. "Para tamu saat itu memesan hampir 2 kg kaviar, ada sekitar 6 atau 7 kaleng besar," kenang Cheung.

"Tetapi pada jam 11 malam kaviar itu ditinggal dan mereka langsung pergi setelah hitungan mundur tahun baru. Mereka (tamu) meninggalkan semua kaviar ini dan kami tidak ingin menyia-nyiakannya," lanjut Cheung.

Kaviar di atas es krim durian dan bolu pisangKaviar di atas es krim durian dan bolu pisang Foto: Jonathan Wong

Karena tidak mau menyia-nyiakan kaviar itu, Cheung dan timnya mencoba bahan makanan yang tersisa di dapur untuk disajikan dengan kaviar. mulai dari kentang goreng, roti, hingga bolu pisang.

Baca Juga: 5 Fakta Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie saat Kulineran Mewah hingga Kaki Lima

Cheung mengatakan kalau paduan rasa kaviar dan bolu pisang ini sangat berhasil dan terasa enak. Menurutnya rasanya ada sedikit manis dari bolu pisang dan rasa gurih dari kaviar.

Selain itu, ada juga yang menyajikan kaviar di atas es krim. Dilakukan oleh chef de cuisine Barry Quek. Ia menyajikan es krim durian dengan sesendok kaviar di atasnya.

Kaviar di atas es krim durian dan bolu pisangKaviar di atas es krim durian dan bolu pisang Foto: South China Morning Post

Durian yang ia gunakan untuk es krim ini adalah jenis unggulan Malaysia yaitu Musang King. Es krim buatan chef Barry Quek ini sangat kaya rasa dengan tekstur yang legit.

"Idenya muncul ketika saya sedang mencari bahan untuk memberikan salinitas pada hidangan durian," jelas Quek.

"Awalnya saya berpikir untuk memadukan durian dengan kacang berbumbu, tapi saat mencicipi kaviar, saya menemukan jenis kaviar yang memiliki sensasi pedas dan asin yang saya cari. Jadi saya segera menyajikan es krim durian itu bersama kaviar,"lanjutnya.

Baca Juga: 5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh



Simak Video "Es Krim Monster yang Segar dan Mantap"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com