Makan Cokelat Putih di Pagi Hari Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 09:00 WIB
Makan Cokelat Putih di Pagi Hari Bantu Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2
Jakarta -

Kabar baik untuk para penggemar cokelat. Sebuah penelitian terbaru mengungkap cokelat putih terbukti membantu penurunan berat badan.

Dilansir dari Food NDTV (8/7) selama ini orang banyak memuji khasiat dan manfaat dari cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam juga disebut bisa menurunkan nafsu makan sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tapi ada fakta terbaru yang bikin para pencinta cokelat bisa menyantap cokelat lebih banyak. Sebuah studi yang dipublikasi lewat jurnal di The FASEB Journal menunjukkan kalau konsumsi cokelat putih di pagi hari membuat tubuh membakar lebih banyak lemak.

Makan Cokelat Putih di Pagi Hari Bantu Turunkan Berat BadanMakan Cokelat Putih di Pagi Hari Bantu Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Selain itu penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita pascamenopause, juga menemukan fakta bahwa makan cokelat putih juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Para peneliti dari Brigham dan University of Murcia di Spanyol menyebutkan, penelitian ini dilakukan pada wanita yang mengonsumsi 100 gram cokelat putih di pagi atau malam hari. Ada empat temuan yang membuat para peneliti cukup terkejut.

Fakta pertama, makan cokelat putih di pagi atau malam hari tidak menyebabkan penambahan berat badan. Fakta kedua, makan cokelat di pagi atau sore hari memberikan pengaruh pada nafsu makan, tidur, komposisi mikrobiota (kesehatan usus) dan masih banyak lagi.

Fakta ketiga, asupan cokelat yang tinggi di pagi hari dapat membantu membakar lemak dan mengurangi kadar glukosa berlebih dalam darah. Dan fakta keempat, makan cokelat sore atau malam membuat tubuh lebih rileks dan siap beraktivitas keesokan harinya.

Penulis penelitian, Dr Frank A.J.L Scheer menjelaskan, "Temuan kami menyoroti bahwa tidak hanya 'apa' tetapi juga 'kapan' kita makan cokelat dapat mempengaruhi penurunan berat badan."

Dr Marta Garaulet lebih lanjut menyatakan bahwa subjek penelitian tidak bertambah berat badan meskipun asupan kalori mereka meningkat. Faktanya, mereka justru menemukan penurunan nafsu makan dan keinginan makan makanan yang manis.

Penelitian ini bisa memberikan hasil berbeda pada setiap orang. Semua kembali lagi pada kondisi tubuh serta pola makan dan gaya hidup yang dijalani.

Cokelat putih sebenarnya bukanlah cokelat. Komposisinya terdiri dari cocoa butter, gula dan susu. Cokelat putih tidak mengandung kakao yang biasanya ditemukan pada cokelat hitam ataupun cokelat susu.



Simak Video "Menggunakan Mesin Penggiling Pemisahan Biji dan Kulit Cokelat Dilakukan, Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com