Hidangan Natal Rumahan

6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 27 Des 2020 09:00 WIB
6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula Foto: iStock
Jakarta -

Coklat panas atau hot chocolate cocok untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Berikut ini beberapa resep hot chocolate yang mudah dibuat di rumah.

Coklat panas merupakan minuman selain teh dan kopi yang bisa menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin melanda. Coklat panas juga enak dinikmati sambil santai di rumah.

Terbuat dari coklat sebagai bahan utamanya, hot chocolate kerap dihindari mereka yang sedang diet rendah kalori dan gula. Tapi tak perlu khawatir karena hot chocolate bisa juga dibuat tanpa gula.

Coklat sendiri sudah memiliki kandungan gula secara alami di dalamnya yang akan tetap memberikan rasa manis walaupun tanpa tambahan gula. Tentunya hal ini akan mencegah tubuh mendapat asupan gula lebih dari batas aman harian.

Berikut ini 6 resep hot chocolate rendah gula yang bisa dibuat di rumah, seperti dikutip dari Livestrong (22/12):

1. Hot Chocolate ala Meksiko

6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula Foto: iStock

Hot chocolate ala Meksiko unik karena memakai tambahan bubuk cabai untuk menambah sedikit sensasi panas. Hot chocolate ini hanya mengandung 254 kalori, 21,1 gram gula, 3 gram serat dan 3,4 gram protein.

"Penambahan cayenne (bubuk cabai) menambahkan rasa dan kandungan serat pada hot chocolate. Ini akan membuat kamu merasa lebih puas dibanding meminum hot chocolate biasa," kata ahli gizi, Nicole Rodriguez.

2. Hot Cocoa

6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula6 Resep Hot Chocolate Rumahan yang Enak dan Rendah Gula Foto: iStock

Hot cocoa menggunakan madu sebagai pemanis utama sehingga lebih sehat dan rendah kalori. Bahan membuat hot chocolate ini adalah bubuk cocoa, susu almond, madu, ekstrak vanilla, dan bubuk kayu manis. Cara membuatnya, panaskan susu almond di panci atau microwave selama 1,5 menit. Masukkan madu, bubuk cocoa, ekstrak vanilla, dan bubuk kayu manis. Aduk rata.

Jika ingin mendapatkan sedikit rasa lebih manis boleh tambahkan beberapa marshmallow ke dalam cangkir. Marshmallow ini akan memberikan rasa manis saat terkena panas dari coklat. Minuman ini mengandung sekitar 127 kkal dan 16 gram gula.

Baca Juga: Cara Meracik Hot Chocolate Enak Penuh Manfaat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Wedang Roti yang Hangat dan Lezat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com