Salut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk Berobat

Riska Fitria - detikFood Jumat, 09 Jul 2021 14:00 WIB
Salut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk Berobat Foto: Facebook Zenty Suraya
Jakarta -

Seorang wanita penyandang disabilitas berjuang sendiri dengan berjualan aneka camilan. Itu semua dilakukan demi mengumpulkan uang untuk berobat.

Adalah Ranjit, seorang wanita berusia 57 di Malaysia yang merupakan penyandang disabilitas. Kisahnya sukses membuat netizen kagum setelah dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Zenty Suraya.

Dalam unggahannya tersebut, Zanty menceritakan bagaimana dia bertemu dengan wanita hebat saat melewati kawasan Telawi, Bangsar, Malaysia. Saat itu, Ranjit menawarkan camilannya ke orang-orang yang lewat.

Baca Juga: Semua Jualannya Diborong, Penyandang Disabilitas Ini Menangis Haru

Salut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk BerobatSalut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk Berobat Foto: Facebook Zenty Suraya

Ranjit berjualan marukku atau makanan ringan khas India. Selain itu, ia juga menjual kripik dan aneka camilan lainnya. Zanty memutuskan untuk membeli dagangannya.

Zanty juga sempat berbincang dengan Ranjit. Ternyata Ranjit sudah berjualan dari tahun 20020. Saat ini, ia sangat membutuhkan dana. Bukan hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk pengobatan.

Dilansir dari World of Buzz (07/07), Ranjit merupakan seorang janda yang hidup sendirian. Pernikahannya sudah berakhir beberapa tahun yang lalu setelah menerima perlakuan tidak menyenangkan dari suaminya sendiri.

Sebenarnya Ranjit memiliki seorang putra, tetapi ia tinggal bersama suaminya. Kini Ranjit kehilangan kontak dengan putra dan mantan suaminya, sehingga ia tinggal sendirian.

Salut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk BerobatSalut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk Berobat Foto: Facebook Zenty Suraya

Namun, kondisi itu tidak membuat Ranjit patah semangat. Itu berkat nasehat orangtuanya yang mengajari untuk tidak pernah meminjam uang dari orang, tetapi harus bekerja keras untuk mencari nafkah.

Hal itulah yang kemudian memotivasi dirinya untuk memulai usaha kecil-kecilan sendiri. Untungnya, ada seorang supir taksi baik hati yang sukarela mengantarkan Ranjir ke Telawi 3 setiap hari.

Bukan hanya itu, supir taksi itu juga membantu membukakan kios sederhana milik Ranjit. Ranjit berjualan makanan setiap Senin sampai Jumat mulai dari pukul 15.40 hingga 19.00.

Sementara waktu akhir pekan dimanfaatkan untuk istirahat. Selain penyandang disabilitas, Ranjit juga menderita bronkitis, air di paru-parunya dan varises. Karenanya dia sangat membutuhkan dana untuk pengobatan.

Salut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk BerobatSalut! Penyandang Disabilitas Ini Giat Jualan Camilan untuk Berobat Foto: Facebook Zenty Suraya

Ranjit ternyata juga bertanggung jawab untuk merawat sepupunya yang sakit parah karena menderita kanker darah. Unggahan Zanty tersebut pun langsung ramai ditanggapi oleh netizen.

Banyak netizen yang prihatin sekaligus salut dengan Ranjit. Meski memiliki keterbatasan, tetapi ia tetap giat menjalani hidup dan membantu orang lain.

"Aku mau beli snacknya, besok saya akan mampir. Saya salut dengan wanita itu. Dia semangat meski kondisinya tak sempurna," tulis netizen,

"Kagum saya dengan semangat hidup beliau. Saya yang diberi kenikmatan terkadang kurang bersyukur," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Mulia! Pria Ini Suapi Makan Penjual Tisu Penyandang Disabilitas yang Tak Berdaya



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Kulit Pangsit"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com