Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India

Devi Setya - detikFood Kamis, 08 Jul 2021 14:00 WIB
Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India Foto: Getty Images/iStockphoto/Cheri Alguire
Jakarta -

Ayam berwarna hitam pekat ternyata juga populer di India. Ayam ini bahkan dibanderol harga mahal dan masuk dalam kategori ayam istimewa.

Di India, ayam hitam ini dikenal dengan nama Kadaknath. Yakni jenis ayam India yang populer karena kualitas daging dan telurnya. Tapi tak sedikit yang tertarik karena warna kulitnya yang hitam dan dagingnya yang berwarna gelap.

Dilansir dari Oddity Central (8/7) daging ayam merupakan sumber protein yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dengan lebih dari 98,5 juta ton dikonsumsi setiap tahun. Jenis ayam konsumsi pun terbilang beragam, salah satu yang eksotis yakni ayam hitam.

Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di IndiaTak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India Foto: Getty Images/iStockphoto/Cheri Alguire

Di India kadaknath, jenis ayam yang dibesarkan di beberapa negara bagian India memiliki bulu dan kulit hitam legam. Tak hanya bulunya, daging ayam juga benar-benar gelap. Orang India menganggap jenis ayam ini memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi daripada ayam biasa.

Ayam kadaknath berasal dari distrik Jhabua yang didominasi suku Madhya Pradesh, tetapi sekarang dibesarkan di banyak negara bagian India, termasuk Chhattisgarh, Tamil Nadu, Andhra Pradesh dan Maharashtra.

Dagingnya bukan hanya tampak unik, ayam jenis ini juga dicari oleh orang-orang yang sadar akan kesehatan, karena memiliki kualitas protein yang jauh lebih tinggi dan kandungan lemak yang jauh lebih rendah.

Daging ayam kadaknath dijual seharga Rs. 1.000 hingga 1.200 per kilogram (Rp 194 ribu - Rp 233 ribu). Harga ini tiga kali lebih mahal dibanding ayam biasa.

Kualitas daging hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga. Karena faktanya, jenis ayam hitam ini terbilang sulit dibudidaya. Jika dibandingkan dengan ayam broiler yang waktu ternaknya hanya 45 hari sampai siap dijual, maka ayam kadaknath membutuhkan waktu hingga 8 bulan.

Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di IndiaTak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India Foto: Getty Images/iStockphoto/Cheri Alguire

Ayam kadaknath memiliki bulu dan kulit berwarna hitam namun bagian darah dan telur ayam tidak berwarna hitam. Sedangkan daging dan tulangnya berwarna jauh lebih gelap daripada kebanyakan ras ayam lainnya.

Di Indonesia, ayam yang sekujur badannya, termasuk bulu dan darahnya berwarna hitam, dikenal dengan sebutan ayam cemani. Ayam ini terbilang langka namun peminatnya tak pernah sedikit. Biasanya ayam cemani dijadikan salah satu tradisi dalam ritual adat.



Simak Video "Ayam Panggang ala Rowstid Chikin Dijual di Lapak Bajaj Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com