Bukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model Binaragawan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 19:30 WIB
Bukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model Binaragawan Foto: Site News
Jakarta -

Biasanya ayam diternak untuk dikonsumsi. Tapi ayam asal Malaysia ini justru diternak, agar bisa menjadi model binaragawan yang unik.

Jika Indonesia punya ayam Cemani yang mahal dan langka. Malaysia juga punya ayam unik, yang disebut sebagai jenis ayam paling kecil di dunia.

Baca Juga: Ayam Cemani Asal Indonesia Dijuluki 'Lamborghini' di Dunia Unggas

Dilansir dari Oddity Central (19/05), ayam ini dikenal dengan nama Serama. Awalnya ditemukan di Kelantan, Malaysia pada tahun 1600. Kemudian pada tahun 1970, ayam ini semakin populer setelah nama 'Serama' diberikan untuk menghormati Raja Thailand.

Ayam ini hampir punah di awal tahun 2000, setelah wabah flu burung menyerang. Untungnya mereka berhasil bertahan hidup, dan sekarang harganya menjadi mahal. Setelah ayam Serama diternak khusus untuk berpose menjadi model, dengan pose tubuh yang kekar seperti binaragawan.

Bukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model BinaragawanBukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model Binaragawan Foto: Site News

Meski terdengar aneh, ayam Serama memang memiliki postur yang tegap dibandingkan ayam lainnya. Mereka memiliki pose atletis, dengan dada yang besar dan kaki yang kecil.

Ayam Serama banyak diikutkan lomba. Semakin bagus pose dan bentuk tubuhnya, maka semakin mahal harga dari ayam unik ini.

Sekarang ayam Serama paling banyak ditemukan di Vietnam. Butuh perawatan dan makanan khusus, agar ayam Serama memiliki tubuh seperti binaragawan.

Bukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model BinaragawanBukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model Binaragawan Foto: Site News

Mulai dari memberikan makanan yang bergizi, kandang yang dibuat senyaman mungkin, dikasih ramuan bawang putih dengan alkohol, sampai dipijat minimal 10 menit setiap harinya.

Banyak yang takut dengan ayam ini, karena tampilannya yang agresif dan galak. Padahal Serama sangat jinak, dan tidak akan menyerang orang yang melintas di depan mereka. Kalau tak ingin dijadikan model, ayam Serama ini harga bibitnya cukup murah dan bisa diberi pakan ayam biasa.

Baca Juga: 5 Fakta Ayam Cemani yang Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com