Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 16:30 WIB
Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Bekasistreetfood
Jakarta -

Jajanan generasi 1990-an ini begitu populer pada masanya. Beberapa jajanan jadul ini bahkan masih bisa ditemui sampai sekarang.

Kaum millennial kelahiran tahun 1990-an punya masa-masa indah. Beberapa di antaranya bahkan tak tergantikan karena di zaman itu, rasa kekeluargaan dan pertemanan jauh lebih erat tanpa adanya teknologi dan gawai canggih.

Soal jajanan pun, ada banyak makanan di tahun 1990-an yang bikin nostalgia jika diingat-ingat sekarang. Jajanan ini ditawarkan penjual kaki lima. Meski bahan-bahannya sederhana dan harganya murah, kenikmatan jajanan ini begitu terasa.

Beberapa jajanan generasi 90-an ini bahkan ditawarkan dengan kreativitas penjual. Mereka membentuk atau mengolah jajanan tersebut sedemikian rupa sehingga tampilannya mencuri perhatian.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, ini 5 jajanan generasi 90-an yang amat digemari di masanya:

1. Kue laba-laba

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Rikareinka

Di tahun 1990-an, kue laba-laba banyak ditawarkan penjual pikul atau gerobakan yang berkeliling dari rumah ke rumah. Disebut laba-laba karena bentuk kue ini menyerupai jaring laba-laba.

Adonan kue laba-laba sama seperti kue cubit yaitu terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir, dan air. Biasanya adonan ini dimasukkan ke dalam botol plastik bekas air mineral yang sudah dibolongi sedikit tutupnya. Nantinya penjual akan menuang adonan ini ke cetakan kue cubit seperti pola jaring laba-laba.

Pembeli bisa 'request' ingin adonan kue laba-laba yang masih agak basah atau yang sangat kering. Jika memilih adonan yang kering, maka tekstur kue laba-labanya akan terasa garing. Penjual kue laba-laba biasanya juga menjual kue cubit yang sama enaknya.

2. Es gabus pelangi

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Tahu.makan

Generasi 90-an pasti tak asing dengan es gabus pelangi. Bentuknya seperti kue lapis, namun berupa lembaran tipis yang dibungkus satu-satu dengan plastik bening. Meski disebut es, jajanan ini dinikmati bukan dengan dijilat, tetapi digigit.

Es gabus pelangi terbuat dari tepung hunkwe, santan, dan gula pasir. Warna-warninya didapat dari pemakaian pewarna makanan. Teksturnya kenyal dan lembut sehingga disukai banyak anak-anak. Sampai sekarang, es gabus pelangi masih dijual di beberapa daerah.

Harganya Rp 1.000 saja per lembar. Es gabus pelangi makin enak dimakan bersama susu kental manis cokelat. Penjual es ini biasanya menggunakan susu kental manis tersebut untuk menggambar motif-motif lucu pesanan pembeli. Mulai dari gambar mobil, kartun, dan lainnya.

3. Telur dadar mini

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Rayzha.syahlaa

Selain telur gulung, jajanan generasi 90-an berbahan telur banyak yang jadi favorit. Salah satunya telur dadar mini atau telur dadar cetak. Bentuknya bulat-bulat kecil karena dibuat dalam cetakan khusus. Bahan membuatnya hanya telur, daun bawang, dan penyedap rasa.

Penjual telur dadar mini ada yang menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Setelah telur matang, telur ditaruh dalam wadah kertas yang dibentuk seperti perahu. Telur ini biasanya dinikmati bersama saos sambal.

Hal yang menarik perhatian adalah alat untuk mengambil telur dadar mini. Bentuknya seperti pengait dengan ujung yang tajam. Penjual telur dadar mini pun terlihat sangat mahir menggunakannya.

4. Kue rangi

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Tissacake

Jajanan generasi 90-an ini masih eksis sampai sekarang. Ada yang penjualnya sudah modern, namun ada pula yang masih memakai gerobak lalu mangkal atau berkeliling. Kue rangi terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan garam sebagai bahan utamanya.

Adonan ini lalu dimasak dalam cetakan khusus. Yang bikin istimewa, kue rangi dimasak dengan kayu bakar sehingga aromanya lebih sedap. Kue rangi bisa dipesan ¾ matang atau matang sempurna.

Terakhir, kue rangi diberi olesan saus gula merah yang kental. Banyak orang menyukai paduan rasa adonan kue rangi yang gurih dengan manisnya saus gula merah.

5. Permen gulali

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Bekasistreetfood

Di tahun 1990-an belum ada banyak produk permen atau jajanan manis lainnya, tapi ada satu permen yang sangat populer. Namanya permen gulali yang ditawarkan penjual pikulan. Pembeli bisa 'request' bentuk permen gulali.

Nantinya penjual akan membuatkannya dengan bantuan beberapa alat hingga membentuknya langsung dengan tangan. Ada permen gulali bentuk bunga, kupu-kupu, bebek, dan masih banyak lainnya.

Harga permen gulali yang murah membuat jajanan generasi 90-an ini sangat digemari. Sampai sekarang permen gulali masih bisa ditemukan, namun yang menjual sudah sangat jarang.



Simak Video "Es Gabus, Jajanan Tempo Dulu yang Maknyus!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com