Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 16:30 WIB
Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Bekasistreetfood

3. Telur dadar mini

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Rayzha.syahlaa

Selain telur gulung, jajanan generasi 90-an berbahan telur banyak yang jadi favorit. Salah satunya telur dadar mini atau telur dadar cetak. Bentuknya bulat-bulat kecil karena dibuat dalam cetakan khusus. Bahan membuatnya hanya telur, daun bawang, dan penyedap rasa.

Penjual telur dadar mini ada yang menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Setelah telur matang, telur ditaruh dalam wadah kertas yang dibentuk seperti perahu. Telur ini biasanya dinikmati bersama saos sambal.

Hal yang menarik perhatian adalah alat untuk mengambil telur dadar mini. Bentuknya seperti pengait dengan ujung yang tajam. Penjual telur dadar mini pun terlihat sangat mahir menggunakannya.

4. Kue rangi

Nostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di MasanyaNostalgia Yuk! Ini 5 Jajanan Generasi 90-an yang Populer di Masanya Foto: Instagram Tissacake

Jajanan generasi 90-an ini masih eksis sampai sekarang. Ada yang penjualnya sudah modern, namun ada pula yang masih memakai gerobak lalu mangkal atau berkeliling. Kue rangi terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan garam sebagai bahan utamanya.

Adonan ini lalu dimasak dalam cetakan khusus. Yang bikin istimewa, kue rangi dimasak dengan kayu bakar sehingga aromanya lebih sedap. Kue rangi bisa dipesan ¾ matang atau matang sempurna.

Terakhir, kue rangi diberi olesan saus gula merah yang kental. Banyak orang menyukai paduan rasa adonan kue rangi yang gurih dengan manisnya saus gula merah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Gabus, Jajanan Tempo Dulu yang Maknyus!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com