Klaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu Sebutir

Riska Fitria - detikFood Rabu, 07 Jul 2021 10:30 WIB
Klaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu Sebutir Foto: iStock
Jakarta -

Heboh air kelapa hijau diklaim dapat menyembuhkan COVID-19. Hal tersebut mengakibatkan panic buying di sejumlah tempat sehingga harganya melambung tinggi.

Indonesia kembali mengalami lonjakan angka pertumbuhan COVID-19. Masyarakat pun berbondong-bondong memburu kelapa hijau untuk diambil airnya dan diminum sebagai alternatif penyembuhan COVID-19.

Menurut penelitian Health Benefits of Tender Coconut Water 2019, air kelapa mengandung cytokinin. Antioksidan tersebut berperan untuk melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas.

Mengonsumsi air kelapa hijau dapat mencegah dehidrasi, melancarkan menstruasi, mengatasi perut kembung, menyehatkan jantung, menghilangkan racun dalam tubuh dan membantu proses diet.

Klaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu SebutirKlaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu Sebutir Foto: iStock

Namun, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa air kelapa dapat menyembuhkan COVID-19. Meskipun begitu, masyarakat Indonesia kadung percaya dengan pesan berantai yang menyebut bahwa air kelapa dapat sembuhkan COVID-19.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Kelapa Muda, Air Kelapa Tua Juga Kaya Manfaat

Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya panic buying di sejumlah lapak penjual kelapa. Sebelumnya harga satu butir kelapa hijau dibanderol dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Namun, semenjak diburu karena dijadikan obat COVID-19 harganya pun melambung tinggi. Seperti yang terjadi di kawasan Depok misalnya. Satu butir kelapa hijau ada yang dibanderol sekitar Rp 50.000.

Klaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu SebutirKlaim Kelapa Hijau Obat Covid-19 Harganya Melambung Rp 50 Ribu Sebutir Foto: iStock

Itu terjadi karena saking banyaknya permintaan kelapa hijau. Sementara di beberapa lapak kelapa lainnya di Depok ada yang menjual dengan harga sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Begitupun yang terjadi di kawasan Ciledug. Satu butir kelapa rata-rata dijual dengan harga kisaran Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Sementara di kawasan Setiabudi, satu butir kelapanya kini dibanderol seharga Rp 20.000.

Pemilik lapak kelapa tersebut mengakui bahwa belakangan ini harga kelapa hijau ada kenaikan dari yang semula hanya berkisar Rp 15.000 per butir. Bukan hanya itu, ia juga menyebut bahwa stok kelapa hijau kini sering habis.

Di situs belanja online seperti Tokopedia dan Bukalapak, harga satu butir kelapa hijau dibanderol dengan harga Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Air Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah



Simak Video "Berhasil Menaklukkan Arung Jeram, Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com