Pizza Delivery Enak

4 Perbedaan Pizza Italia dan Amerika, Adonan Kulit hingga Topping

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 18:00 WIB
Perbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak
Jakarta -

Pizza memang berasal dari Italia, namun pizza juga terkenal di Amerika. Kedua jenis pizza ini memiliki perbedaan. Mulai dari adonan kulitnya hingga topping.

Pizza adalah makanan khas Italia berupa roti yang berbentuk bundar dan di atasnya memiliki beragam topping lezat. Mulai dari bawang bombai, saus tomat, keju mozarella, hingga aneka daging olahan.

Tak hanya di Italia saja, tapi kelezatan pizza sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Amerika pizza juga populer dan dikenal sebagai Pizza Amerika. Sajian pizza yang disesuaikan dengan lidah orang Amerika.

Di Indonesia, jenis pizza yang populer adalah pizza Amerika. Banyak gerai pizza terkenal di Amerika yang membuka outletnya di Indonesia. Namun, belakangan banyak juga gerai restoran yang menawarkan pizza Italia.

Kedua jenis pizza ini tentu saja memiliki perbedaan. Seperti dilansir dari Hungry Howies (26/9), ada perbedaan antara pizza Italia dan pizza Amerika yang bisa dilihat dari adonan kulitnya hingga topping.

Baca Juga: Gerai Pizza Ini Luncurkan Pizza Topping Telur Pitan dan Darah Babi

Berikut 4 perbedaan pizza Italia dan pizza Amerika.

1. Adonan Kulit

Perbedaan Pizza Italia dan Pizza AmerikaPerbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika Foto: Getty Images/iStockphoto

Perbedaan pizza Italia dan Amerika bisa dilihat mulai dari adonan kulit pizza. Kalau pizza khas Italia adonannya tipis. Bahkan, jenis adonannya ada yang sangat tipis dan bertekstur renyah. Karena kebanyakan memakai tepung gandum utuh.

Sedangkan adonan pizza Amerika ada yang tipis dan tebal. Saking tebalnya, mirip seperti adonan roti tawar yang dipipikan. Pizza Amerika ini lebih mengenyangkan dan teksturnya terasa lebih 'berat'.

2. Saus Tomat

Perbedaan Pizza Italia dan Pizza AmerikaPerbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika Foto: Getty Images/iStockphoto

Saus tomat merupakan saus penting untuk olesan permukaan pizza. Sebagai dasar untuk meletakkan topping sekaligus untuk memberi rasa asam segar. Umumnya orang Italia membuat saus tomat sendiri. Dari tomat Italia yang dimasak hingga kental. Diberi sedikit minyak zaitun, bawang putih, basil, thyme dan oregano.

Sedangkan, pizza Amerika biasanya menggunakan saus tomat biasa. Ada juga yang menggunakan saus tomat botolan biasa atau kalengan. Jarang sekali restoran yang membuat saus tomat mereka sendiri.

Baca Juga: Polisi Ini Antarkan Makanan untuk Buruh Pabrik yang Minta Tolong Karena Kelaparan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Bikin Pizza Telur Udang Bareng Lucinta Luna"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak
FOKUS BERITA Pizza Delivery Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com