Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi 'Duyung dalam Kuali'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 18:30 WIB
Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi ‘Duyung dalam Kuali’ Foto: TikTok @rabiah_lee94
Jakarta -

Saat goreng ikan, banyak orang khawatir akan terkena cipratan minyak. Netizen ini pilih goreng ikan dengan cara antimainstream yaitu posisi duyung dalam kuali! Kayak apa ya?

Menggoreng ikan terlihat sepele karena tinggal memasukkan ikan utuh atau potongan ke dalam wajan berisi minyak panas. Namun melakukannya ternyata tak semudah itu.

Kemungkinan besar proses menggoreng ikan akan menimbulkan cipratan minyak. Belum lagi daging ikan akan menempel di wajan.

Saking takutnya menggoreng ikan, netizen TikTok @vitalim84 pernah memparodikannya. Ia lebih memilih kabur naik angkutan umum (angkot) ketimbang disuruh sang ibu menggoreng ikan asin peda.

Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi 'Duyung dalam Kuali'Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi 'Duyung dalam Kuali' Foto: TikTok @vitalim84

Videonya sukses menghibur banyak orang apalagi Vita sampai menyertakan cuplikan video naik pesawat dan masuk ke gedung mewah. Banyak netizen setuju kalau menggoreng ikan asin membuat mereka ketakutan.

Baca Juga: Ngakak! Disuruh Goreng Ikan Asin, Wanita Ini Kabur Naik Angkot

Belum lama ini di Malaysia viral video seorang netizen TikTok menggoreng ikan. Lewat akun @rabiah_lee94, terlihat wanita ini sedang menggoreng ikan di wajan.

Ia tidak terlihat takut, tetapi malah tertawa. Ternyata ini karena ikan yang digoreng dalam posisi vertikal. Ekor ikan terlihat tegak seperti ikan duyung di dalam kuali.

Netizen banyak yang tertawa melihat hal ini, seolah-olah ikan 'menceburkan diri' ke dalam minyak panas. Ada juga yang mengaku pernah menggoreng ikan dengan cara yang sama.

Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi 'Duyung dalam Kuali'Kocak! Wanita Ini Goreng Ikan dengan Posisi 'Duyung dalam Kuali' Foto: TikTok @rabiah_lee94

Lantas sebenarnya bagaimana cara menggoreng ikan yang tepat? Kuncinya ternyata ada pada pemakaian banyak minyak. Pastikan ikan 'berenang' dalam minyak.

Kemudian goreng ikan hanya ketika minyak sudah panas. Dengan memastikan ikan terendam minyak, kamu tidak perlu membalik-balik ikan. Kedua sisi ikan akan matang dan kering bersamaan.

Untuk mengetahui apakah ikan sudah matang sempurna atau belum, kamu bisa mendengarkan suara minyak di wajan. Jika nyaris tak terdengar suara riuh dari proses penggorengan, bisa dipastikan ikan sudah matang dan kering karena tak ada lagi air di dalam minyaknya.

Hindari menggoreng ikan terlalu kering karena nanti teksturnya bakal keras. Idealnya, bagian luar ikan garing renyah tetapi bagian dalamnya tentu lembut.

Baca Juga: Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan Renyah



Simak Video "Resep Pepes Guramu Bubu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com