Basic Cooking

Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan Renyah

Devi Setya - detikFood Selasa, 26 Jun 2018 10:53 WIB
Foto: Istock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Terlihat gampang tetapi ternyata banyak orang tak bisa goreng ikan. Coba praktekkan cara ini untuk dapatkan goreng yang utuh dan garing.

Bagi para pemula yang baru belajar memasak atau jarang ke dapur, ikan adalah bahan yang paling dihindari. Padahal kalau tahu cara tepat menggorengnya, ikan goreng plus sambal bisa jadi santapan enak.

Jangan takut mencoba, berikut ini tips penting yang perlu diperhatikan saat menggoreng ikan.

1. Wajan
Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan RenyahFoto: Istock
Bisa dipakai wajan aluminium, stainless steel atau wajan besi untuk menggoreng ikan. Tetapi jika ingin menghindari ikan lengket di wajan, bisa memakai wajan antilengket.

Sesuaikan ukuran wajan dengan ikan yang akan digoreng. Jika ikannya besar, jangan paksakan menggoreng di wajan kecil. Karena matangnya bisa tak merata. Solusinya, ikan bisa dipotong menjadi dua atau tiga bagian.

Baca juga : Ini Trik Mudah Goreng Ikan yang Garing Renyah Tanpa Percikan Minyak

2. Ikan dan bumbu
Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan RenyahFoto: Istock
Yang menyebabkan ikan hancur saat digoreng adalah ikan yang kurang segar. Karenanya pilih ikan yang benar-benar segar. Matanya bening dan sisiknya masih kuat melekat dengan aroma laut yang segar.

Siangi ikan, buang isi perutnya dan kerat-kerat kedua sisi badannya. Jika mau praktis, Anda bisa minta tolong tukang ikan melakukannya. Bumbui ikan dengan bawang putih yang dihaluskan dengan sedikit kunyit dan garam. Biarkan terendam bumbu selama minimal 30 menit.

3. Minyak banyak
Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan RenyahFoto: Istock
Jangan pelit minyak saat menggoreng ikan. Tuangkan ikan dalam wajan hingga cukup untuk merendam ikan. Ikan harus 'berenang' dalam minyak.

Goreng ikan hanya saat minyak sudah panas. Kondisi ikan harus terendam minyak sehingga Anda tak perlu membalik-balik ikan. Kedua sisi ikan akan matang dan kering bersamaan.

4. Dengarkan suara minyak
Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan RenyahFoto: Istock
Saat baru dimasukkan ke dalam minyak panas, akan terjadi sedikit percikan minyak. Ini karena ikan mengandung air. Suara gemericik minyak akan 'ramai' dan keras.

Seiring dengan panasnya minyak, suara gemericik minyak akan berkurang. Jika nyaris tak terdengar suara lagi bisa dipastikan ikan sudah matang dan kering. Karena tak ada lagi air di dalam minyaknya.

Baca juga : Ini 4 Langkah Bikin Ikan Goreng Garing dan Renyah

5. Kontrol besar api
Ini Cara Goreng Ikan Agar Hasilnya Garing dan RenyahFoto: Istock
Saat ikan sudah masuk ke dalam wajan, gunakan api sedang. Teruskan menggoreng hingga ikan hampir kering. Kecilkan api dan masak hingga ikan kering.

Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu kering menggorengnya karena tekstur ikan jadi keras. Yang idela, bagian luar ikan garing renyah tetapi bagian dalamnya lembut. Sajikan selalu ikan goreng dalam keadaan hangat agar gurih enak rasanya. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking