Salah Baca Resep MPASI, Orang Tua Berikan Es Batu pada Bayinya

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 14:00 WIB
Mother and baby boy smiling wach other during feeding Foto: Getty Images/iStockphoto/Yummy pic
Jakarta -

Pasangan orang tua ini belum berpengalaman, mereka memberikan es batu untuk bayi yang baru belajar makan. Untungnya bayi ini tidak mengalami masalah kesehatan.

Menjadi orang tua baru memang satu tantangan. Banyak hal yang harus dipelajari, termasuk memberikan makanan MPASI untuk bayi. Jika salah paham maka bukan tak mungkin si bayi akan diberikan makanan aneh.

Seperti kisah yang dibagikan pasangan muda yang memiliki bayi berusia 6 bulan ini. Dilansir dari Tell Me Baby (6/7) pasangan yang tak menyebut namanya ini membagikan pengalaman unik sekaligus menggelitik ketika memberi makan bayi mereka.

Close up of a mother feeding her baby in high chairSalah Baca Resep MPASI, Orang Tua Berikan Es Batu pada Bayinya Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic

Makanan pendamping asi atau MPASI memang baru diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Banyak hal yang harus diperhatikan saat memberikan MPASI, termasuk soal jenis makanan, tekstur dan porsinya.

Beberapa resep MPASI menggunakan takaran 'ice cube' atau cetakan es batu sebagai patokan porsi. Misalnya, bayi 6 bulan bisa menyantap 2-3 ice cube bubur mpasi. Tapi sayangnya, ada yang salah mengartikannya.

Pasangan orang tua ini justru memberikan es batu sungguhan pada bayi laki-laki mereka.

"Beberapa bulan yang lalu ketika bayi kami cukup umur untuk mulai makan, kami dikirimi panduan poster makanan bayi. Kami menempelkannya di lemari es dan mulai mengikuti sarannya. Selama 6 bulan tertulis "sayuran dan buah, tekstur halus, 2-3 es batu dua kali sehari," tulis orang tua ini saat bercerita lewat Reddit.

Lebih lanjut, pasangan ini awalnya sempat ragu karena tidak pernah tahu kalau bayi diberikan es batu sebagai makanannya. Namun karena panduan resep MPASI ini berasal dari sumber terpercaya, akhirnya mereka mengikuti instruksi ini.

es batuSalah Baca Resep MPASI, Orang Tua Berikan Es Batu pada Bayinya Foto :iStock

"Belum pernah mendengar bayi makan es batu, tetapi resep itu berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi baik, jadi kami mengikutinya dan mulai memberi makan anak kami buah dan sayuran dengan es batu," kata mereka.

Setiap hari, bayi mereka diberi makan es batu. Porsi es batu yang diberikan pun semakin banyak seiring bertambahnya usia bayi. Sampai akhirnya kesalahpahaman ini terungkap saat si nenek bayi datang berkunjung.

"Pada usia 7 bulan dikatakan bayi bisa makan buah, sayuran, susu, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, 3-4 es batu 3 kali sehari. Saya pikir, wow bayi kami hampir tidak makan es batu yang selama ini kami berikan kepadanya, dia hanya menjilatnya sedikit. Tapi tetap porsinya kami tambah sesuai instruksi."

Ketika ibu pasangan ini datang, barulah mereka sadar kalau selama ini yang dilakukan adalah salah.

"Kenapa kamu memberinya es batu? Apakah dia tidak akan mengalami brain freeze?" kata ibu mertua.

Dari pertanyaan si nenek bayi, barulah pasangan ini berpikir kalau yang dilakukan selama ini salah. 'ice cube' yang dimaksud dalam resep MPASI bukanlah es batu tapi satuan porsi makan bayi.

"Selama ini dalam keadaan tak fokus karena kurang tidur, kami memberikan es batu untuk bayi laki-laki kami setiap hari!" tambahnya.

Kisah ini memancing reaksi pembaca Reddit. Banyak yang geleng kepala melihat kelakuan orang tua bayi ini. Namun tak sedikit yang justru tertawa karena menganggap kisah ini lucu.

"Saya tertawa melihat bayi ini menjilati es batu, pasti bayi ini bingung dan bertanya, apa yang harus saya lakukan dengan es batu ini," ujar netizen.



Simak Video "Tips Bikin Kaldu Daging untuk MPASI ala Ayu Dewi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com