Mantap! Satu Pohon Ini Berbuah Ratusan Varietas Mangga

Devi Setya - detikFood Senin, 05 Jul 2021 18:00 WIB
Pangeran Philip Bagikan Cara Terbaik Kupas Mangga, Contek Yuk! Foto: iStock
Jakarta -

Para penggemar mangga pasti ingin memiliki pohon yang satu ini. Dalam satu pohon bisa berbuah ratusan jenis varietas mangga sekaligus.

Dilansir dari Food NDTV (5/7) sebuah pohon mangga berhasil menyita perhatian publik. Bukan karena buahnya berukuran besar atau memiliki bentuk unik, tapi karena jenisnya beragam. Satu pohon mangga ini bisa menghasilkan 121 varietas mangga sekaligus.

Seorang ahli hortikultura di Uttar Pradesh, India telah berhasil menanam 121 varietas mangga yang berbeda melalui penyambungan atau stek pada satu pohon. Pohon mangga berusia 15 tahun menjadi induk dari 121 varietas mangga yang disambungkan pada beberapa bagian batangnya.

Mantap! Satu Pohon Ini Berbuah Ratusan Varietas ManggaMantap! Satu Pohon Ini Berbuah Ratusan Varietas Mangga Foto: Foodndtv

Distrik Saharanpur di Uttar Pradesh memang terkenal dengan buah mangganya yang lezat, ini menjadi daya tarik tersendiri di distrik tersebut. Namun para peneliti ingin mencoba menghasilkan mangga yang lebih berkualitas.

Eksperimen ilmiah dilakukan oleh pakar hortikultura dari Pusat Pelatihan dan Hortikultura sejak lima tahun lalu. Tujuannya untuk mengembangkan varietas mangga baru dan bereksperimen dengan rasanya. Jika eksperimen berhasil maka varietas mangga baru pun akan diperkenalkan ke publik.

Bhanu Prakash Ram, direktur di Pusat Hortikultura dan Pelatihan mengatakan, "Kami sedang mengerjakan spesies baru sehingga varietas mangga yang lebih baik dapat diproduksi. Orang juga bisa menggunakan teknik ini," kata Ram.

Pada percobaan di pohon mangga ini, ada berbagai buah yang berhasil berbuah. Beberapa diantaranya adalah jenis buah yang sudah populer dan banyak ditemukan di pasaran.

Mantap! Satu Pohon Ini Berbuah Ratusan Varietas ManggaMantap! Satu Pohon Ini Berbuah Ratusan Varietas Mangga Foto: Foodndtv

Ram lebih lanjut mengatakan bahwa percobaan dilakukan dengan tujuan untuk meneliti varietas mangga baru. "Kawasan Saharanpur sudah menjadi nama terkemuka dalam hal produksi mangga. Hortikultura mangga dilakukan secara ekstensif di sini. Karena itu juga telah dilakukan penelitian tentang varietas mangga baru di sini," kata Ram.

Ram juga menambahkan bahwa pohon yang dipilih untuk penelitian itu berusia minimal 10 tahun. Para ahli kemudian menanam cabang dari berbagai jenis mangga di cabang pohon mangga asli.

di India, diyakini ada sekitar 1.500 varietas mangga. Setiap negara bagian memiliki varietas mangga sendiri yang disukai oleh masyarakat. Kawasan Maharashtra dikenal dengan produksi mangga Alphonso yang berair dan berserat, sementara di Uttar Pradesh terkenal dengan mangga Dasheri yang berbentuk panjang dan rasanya manis.



Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com