YouTuber Ini Bandingkan 3 Jenis Salad, Indonesia hingga Amerika

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 05 Jul 2021 16:30 WIB
Perbedaan Salad di 3 Negara, Indonesia hingga Amerika. Ada Gado-gado, ramen salad, hingga som tum. Foto: YouTube Beryl Shereshewsky
Jakarta -

Kali ini YouTuber Beryl Shereshewsky membandingkan 3 jenis salad dari Indonesia, Thailand, dan Amerika. Ini perbedaan racikan 3 salad tersebut.

Salad merupakan hidangan yang terbuat dari sayur-sayuran yang dipadukan dengan beberapa bahan sumber protein. Biasanya salad dinikmati untuk diet, karena kandungan nutrisinya tinggi dan rendah kalori.

Di berbagai negara salad disajikan dengan cara yang berbeda. YouTuber Beryl Shereshewsky yang berasal dari New York, Amerika Serikat membandingkan tiga jenis salad yang berasal dari Indonesia, Thailand, dan Amerika.

Tentu saja ketiga jenis salad ini memiliki perbedaan. Ada yang menyajikan sayuran dalam kondisi matang, namun ada juga yang masih segar dan mentah.

Baca Juga: 7 Makanan yang Pantang Dikonsumsi Pasien Covid-19 Menurut Ahli Gizi

Berikut perbedaan 3 jenis salad itu.

1. Som Tum (Salad Thailand)

Perbedaan Salad di 3 Negara, Indonesia hingga Amerika. Ada Gado-gado, ramen salad, hingga som tum.Perbedaan Salad di 3 Negara, Indonesia hingga Amerika. Ada Gado-gado, ramen salad, hingga som tum. Foto: YouTube Beryl Shereshewsky

Thailand memiliki hidangan salad yang enak bernama som tum. Salad ini terbuat dari pepaya muda mentah dan tomat. Untuk sausnya terbuat dari bawang putih, cabai rawit, kacang panjang, ebi, kecap asin, kecap ikan, dan air lemon.

Som tum memiliki rasa asam segar dan agak gurih. Biasanya dinikmati begitu saja atau bisa juga bersama nasi ketan. Shereshewsky mencoba untuk membuatnya sendiri.

Ketika mencicipinya ia tak menyangka kalau rasanya cukup enak. Apalagi salad ini menggunakan pepaya muda yang belum pernah ia makan sebelumnya. Dan menurut Shereshewsky salad ini cocok dinikmati saat musim panas.

"Salad ini jadi kombinasi yang cocok dengan musim panas," ujar Shereshewsky.

2. Ramen Salad (Salad Amerika)

Perbedaan Salad di 3 Negara, Indonesia hingga Amerika. Ada Gado-gado, ramen salad, hingga som tum.Perbedaan Salad di 3 Negara, Indonesia hingga Amerika. Ada Gado-gado, ramen salad, hingga som tum. Foto: YouTube Beryl Shereshewsky

Di Amerika ada salad andalan yang sering dibuat untuk anak kecil atau sebagai camilan yaitu ramen salad. Salad satu ini terbuat dari ramen rasa ayam panggang, selada romaine, almond, biji wijen, dan daun bawang.

Untuk bumbunya terbuat dari bumbu ramen itu sendiri, lalu dicampurkan cuka dan gula. Saus ini lalu disiramkan ke seluruh permukaan ramen salad. Salad ini teksturnya tidak membosankan karena ada sensasi renyah dan almond dan ramen mentah.

Shereshewsky mengatakan kalau salad ini mengigatkan pada masa kecilnya. Karena dulu sang ibu sering membuatkan ramen salad ini. "Ini seperti membuka kembali memori lama. Ini mengingatkan saat aku masih kecil pernah bertengkar dengan kakakku karena merebutkan ramen mentah ini," ujarnya.

Baca Juga: Bocah 11 Tahun Bekerja Minta Upah Beras untuk Makan Keluarga

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Kepiting Soka, Salad Mangganya Juara!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com