4 Kreasi Pisang Terbaik ala Chef, Pisang Goreng hingga Gelato

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 15:00 WIB
Kreasi Pisang Terbaik Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pisang tak hanya bisa dimakan begitu saja, tapi juga dijadikan kreasi menarik. Beberapa chef memilih 4 kreasi pisang terbaik. Ada pisang goreng hingga gelato.

Jenis pisang sangat banyak dan masing-masing punya keunikan rasa dan aroma. Yang umum dikonsumsi adalah pisang ambon, pisang kepok, pisang tanduk, hingga pisang uli.

Tak hanya enak dikonsumsi begitu saja, tapi juga dibuat menjadi kreasi yang menarik. Kebanyakan pisang dijadikan hidangan dessert. Seperti pisang goreng, bolu pisang, hingga gelato.

Baca Juga: Pancing Emosi Netizen, Spanduk Diskon Makan Dimsum Ini Bikin Ngakak

Dilansir dari Insider (28/6), 4 kreasi pisang berikut yang terbaik menurut para chef.

1. Pisang Goreng

Kreasi Pisang Terbaik Menurut ChefKreasi Pisang Terbaik Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto

Pisang goreng mudah ditemui di Indonesia. Banyak ditawarkan para pedagang gorengan di pinggir jalan. Rasa pisang yang manis lembut dan tekstur tepungnya yang renyah membuat hidangan ini banyak digemari.

Belakangan banyak kreasi pisang goreng yang menarik perhatian foodies. Seperti digoreng menggunakan tambahan biji wijen. Ada juga pisang goreng yang disajikan dengan keju parut, cokelat meisjes, dan siraman susu kental manis.

Chef pastry Jimmy MacMillan mengatakan kalau semua orang patut mencoba pisang goreng. "Saya suka tekstur renyah di luar dan tetap lembut pada bagian dalamnya," ujar MacMillan.

2. Bolu Pisang

Kreasi Pisang Terbaik Menurut ChefKreasi Pisang Terbaik Menurut Chef Foto: Getty Images/iStockphoto

Bolu pisang juga populer di Indonesia. Kue satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa pisang yang dominan. Bolu pisang ini tak hanya bisa dibuat dari pisang yang segar saja, melainkan dari pisang-pisang yang terlalu matang.

Jadi, pisang yang terlalu matang itu bisa dimanfaatan. Bahkan, kalau menggunakan pisang yang terlalu matang rasanya jauh lebih manis. Chef MacMillan juga memilih bolu pisang sebagai kreasi terbaik.

"Bolu pisang sangat bagus ketika dibuat dari pisang yang terlalu matang dengan kulit yang menghitam," ujar MacMillan. "Saya juga merekomendasikan untuk menggunakan brown butter, karena rasanya jadi lebih kaya," lanjutnya.

Baca Juga: Jijik! Karyawan Restoran Ini Taruh Rambut Kemaluannya ke Makanan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com