Keren! Bule Inggris Ini Jago Masak Rendang Tanpa Bumbu Instan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 02 Jul 2021 10:30 WIB
Bule Inggir Jago Masak Rendang Foto: Instagram @samseats
Jakarta -

Bule asal Inggris bernama Sam Way yang juga seorang chef di TikTok ini terlihat jago memasak rendang. Salutnya ia tidak memakai bumbu instan lho!

Kini TikTok bisa dijadikan media kreatif dalam membagikan resep masakan. Banyak chef muda bermunculan di TikTok dengan bakat memasak mereka yang memukau.

Seperti seorang chef TikTok bernama Sam Way dengan akun TikTok @samseats. Chef muda berusia 22 tahun ini berasal dari Oxford, Inggris.

Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Herbal Ini untuk Kembalikan Indra Penciuman yang Hilang

Bule Inggir Jago Masak RendangBule Inggir Jago Masak Rendang Foto: Instagram @samseats

Sam Way sering membagikan tutorial memasak dengan tampilan sajian makanannya yang tampak menggugah selera. Sam pernah membuat rendang khas Indonesia dengan tampilan yang benar-benar mirip aslinya.

Dalam video berdurasi singkat, Sam memulainya dengan menyiapkan bumbu rendang itu. Salutnya, Sam tidak menggunakan bumbu instan, melainkan bumbu tradisional.

Bule Inggir Jago Masak RendangBule Inggir Jago Masak Rendang Foto: Instagram @samseats

Ia menggunakan santan kelapa yang berasal dari kelapa utuh, bukan santan instan cair ataupun bubuk. Kelapa itu ia kupas, kemudian diambil dagingnya dan dihancurkan menggunakan food processor. Setelah itu, ia menambahkan air dan menyaring santan itu menggunakan kain.

Sam juga menyiapkan bumbu halusnya yang terbuat dari jahe, kunyit, bawang merah, dan cabai merah kering. Kemudian, rempah itu dihaluskan menggunakan blender, lalu ditumis.

Untuk daging sapinya ia masukkan ke dalam tumisan bumbu dan masak beberapa saat hingga warna daging berubah. Kemudian, Sam menuangkan santan kelapa kental dan direbus menggunakan tambahan rempah lain seperti daun salam, serai, dan daun jeruk.

Bule Inggir Jago Masak RendangBule Inggir Jago Masak Rendang Foto: Instagram @samseats

Sam memasak rendang itu hingga bumbunya meresap dan daging sapinya empuk. Sepertinya proses memasanya cukup lama, melihat warna rendang yang cokelat kehitaman dan daging sapi yang teksturnya hampir hancur.

Baca Juga: Amel Mirip Nike Ardilla Makan di Warteg, Momennya Banjir Pujian!

Rendang sapi buatannya itu kemudian disajikan di atas piring dengan garnish irisan cabai merah. Tak lupa Sam juga menyajikan semangkuk nasi panas.

Video tutorial rendang buatan Sam ini berhasil menarik perhatian netizen Indonesia. Terbukti sudah ditonton hingga 42 juta kali dan dibanjiri komentar pujian.

Bule Inggir Jago Masak RendangBule Inggir Jago Masak Rendang Foto: Instagram @samseats

"Bagus, ini adalah makanan Indonesia. Mantap!" komentar netizen.

"Akhirnya Indonesian Food, thank you Sam!" sahut netizen lain.

"Mantap kali abang ini masak rendang. Rendang adalah makanan tradisional dan favorit dari Indonesia," ujar netizen lainnya.

Baca Juga: Penyanyi Ini Alih Profesi Jualan Kue Selama Pandemi, Kini Bisa Beli Rumah!



Simak Video "Persiapan Pemerintah Bawa Tempe Mendunia Seperti Rendang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com