Tren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan Kesehatan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 10:30 WIB
Tren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan Kesehatan Foto: TikTok
Jakarta -

Sedang menjadi tren memasak telur goreng dengan cara dibekukan dan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Ternyata tren tersebut bisa membahayakan kesehatan.

TikTok merupakan platform yang dapat menciptakan berbagai tren, termasuk juga tren kuliner. Seperti yang belakangan ini menarik perhatian banyak orang, yakni tren menggoreng telur mini.

Tren tersebut mengharuskan telur ayam dibekukan terlebih dahulu di dalam cangkang. Kemudian setelah beku, baru telur dikeluarkan dari cangkang dan dipotong kecil-kecil.

Baca Juga: Ini 7 Tren Makanan Paling Aneh di TikTok yang Pernah Viral

Tren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan KesehatanTren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan Kesehatan Foto: TikTok

Baru kemudian telur tersebut digoreng. Dilihat dari penampilannya, telur goreng tersebut terlihat seperti telur mata sapi berukuran mini. Tren itu diawali oleh seorang ibu bernama Alexandra Bewicke.

Ia membagikan videonya lewat akun TikToknya @thatfalzonfamily (17/05). Ia mengatakan bahwa idenya tersebut dapat dijadikan pilihan untuk sang buah hati, ketika mereka tak sulit makan.

Video tersebut pun langsung viral dan telah ditonton sebanyak 12,5 juta kali. Tren telur mini ini memang terlihat lucu, dan bisa jadi menarik perhatian anak-anak untuk mau makan.

Tren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan KesehatanTren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan Kesehatan Foto: TikTok

Namun sayangnya, cara memasak telur seperti ini dinilai berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan. Hal tersebut disampaikan oleh Food and Drug Administration (FDA).

"Telur tidak boleh dibekukan dalam Cangkangnya," ujar FDA seperti yang dikutip dari Eat This, Not That! (27/06).

Melansir dari Healthline, salah satu alasannya adalah ketika telur dibekukan di dalam cangkang, telur dapat mengembang dan menyebabkan cangkang pecah. Kondisi itu memungkinkan infeksi bakteri seperti Salmonella.

Tren memasak telur mini ini juga ditanggapi oleh Sarah Krieger, Ahli Diet dan Ahli Gizi yang terdaftar dan berlisensi. Menurutnya, penting untuk memastikan telur dimasak dengan matang.

Tren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan KesehatanTren Telur Goreng Mini di TikTok Bisa Bahayakan Kesehatan Foto: TikTok

Sebelum dimasak, telur juga harus diperiksa suhunya dan memastikan bahwa kuning telur bersuhu 150 derajat Celcius sebelum disajikan. Sebelumnya ada juga tren kuliner yang dinilai berbahaya.

Misalnya tren menyajikan sereal di mulut seseorang. Caranya adalah dengan menuangkan susu dan sereal ke dalam mulut seseorang yang terbuka. Mulut tersebut memang difungsikan sebagai mangkuk.

Kemudian orang lain akan memakan sereal dari mulut itu menggunakan sendok. Tren itu pun dikecam karena dapat menyebabkan tersedak hingga kematian jika tersedaknya parah.

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian yang Jadi Tren di TikTok Sepanjang 2020



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com