Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 17:30 WIB
Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif Foto: Atlas Obscura/Site News
Jakarta -

Jika biasanya orang-orang menghindari paparan radioaktif yang berbahaya bagi kesehatan, kolektor ini justru hobi kumpulkan peralatan makan yang sudah terpapar radioaktif berbahaya.

Sifat radioaktif yang terkenal memancarkan energi radiasi sering dianggap berbahaya bagi kesehatan. Memang pengaruhnya tidak berbahaya dalam skala kecil, tapi jika tubuh terus menerus terpapar radioaktif tentunya bisa berakibat fatal bagi manusia.

Tak heran kebanyakan tempat tinggal, pakaian hingga barang-barang sering ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya jika sudah terpapar radioaktif. Namun hal itu tidak berlaku bagi beberapa kolektor. Mereka justru hobi mencari peralatan makan seperti gelas dan piring yang sudah terkena efek radiasi dari radioaktif.

Meski terdengar aneh dan berbahaya, tapi dilansir Atlas Obscura (27/06), para kolektor ini memiliki alasan yang unik di baliknya.

Baca Juga: Unik! 5 Orang Ini Hobi Koleksi Botol Saus dan Whisky Berharga Ratusan Juta

Peralatan Makan Radioaktif

Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar RadioaktifKolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif Foto: Atlas Obscura/Site News

Banyak orang yang tidak sadar bahwa ada kemungkinan di mana gelas, cangkir hingga piring mereka sudah terpapar zat radioaktif. Terutama jika peralatan makan ini terbilang kuno atau sudah berusia puluhan tahun lamanya.

"Saat membicarakan benda-benda yang sudah terpapar radiasi, tentunya ada perbedaan yang mendasar antara benda yang dapat dideteksi hingga benda yang berbahaya," jelas Phil Broughton, selaku ahli fisika dan kesehatan.

Menurut Phil banyak peralatan makan kuno atau antik yang berusia puluhan hingga ratusan tahun, kemungkinan besar sudah terpapar radioaktif. Di mana dulu hampir semua peralatan makan dibuat dari bahan uranium yang eksis sejak 79 masehi.

Uranium dan Bahayanya

Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar RadioaktifKolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif Foto: Atlas Obscura/Site News

Uranium merupakan jenis kaca berwarna kuning hingga kehijauan. Warnanya bersinar terang di bawah cahaya hitam, dan paduan warnanya akan memudar tergantung seberapa banyak kandungan uranium di peralatan makan tersebut.

Selama puluhan tahun, uranium digunakan dalam berbagai peralatan makan seperti gelas, piring, cangkir kopi, teko keramik hingga tempat bumbu.

Walaupun uranium termasuk ke dalam golongan radioaktif karena biasanya digunakan dalam industri nuklir, tapi menurut beberapa ilmuwan, jumlah radiasi dalam uranium di peralatan makan ini masih bisa diabaikan atau tidak membahayakan. Karena setara dengan radiasi dari barang sehari-hari seperti ponsel hingga alat deteksi asap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com