Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 17:30 WIB
Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif Foto: Atlas Obscura/Site News

Jadi Incaran Para Kolektor

Kolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar RadioaktifKolektor Ini Cuma Mau Koleksi Gelas dan Piring yang Terpapar Radioaktif Foto: Atlas Obscura/Site News

Meski cukup aneh, tapi ternyata banyak orang yang tertarik untuk mengumpulkan koleksi peralatan makan yang berpotensi memancarkan radiasi ini. Mereka sengaja mencari peralatan makan antik yang dibuat dari bahan uranium.

Contohnya seperti pasangan bernama Dan dan Lisa Sawyers, yang tertarik mengoleksi peralatan makan radioaktif ini sejak mereka tak sengaja menemukan benda berkilau berwarna hijau di Lake Superior, Amerika Utara.

Setelah mereka sadar bahwa benda berwarna hijau cantik itu terbuat dari gelas uranium, mereka mulai memburu dan mengoleksi peralatan makan yang sudah terpapar radioaktif.

Berburu hingga ke Toko Antik

Cukup sulit untuk menemukan koleksi peralatan makan yang terbuat dari uranium. Karena selain memiliki efek radiasi, peralatan makan dari uranium ini sudah sangat langka diproduksi di masa sekarang.

Hal itulah yang membuat Dan dan Lisa pergi ke setiap toko antik dan toko barang bekas untuk menemukan sisa-sisa peralatan makan uranium yang masih bisa mereka kumpulkan.

Untuk bisa melihat cahaya hijaunya, Dan serta Lisa harus sabar menyinari satu persatu peralatan makan di toko antik dengan senter khusus seperti UV Light untuk memastikan bahwa peralatan yang mereka beli terbuat dari uranium.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com