Pertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang Suku

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 19:00 WIB
Pertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang Suku Foto: YouTube/Reactistan
Jakarta -

Makanan penjara memang terdengar aneh dan tak lazim. Begini reaksi orang-orang suku ketika mencicipi makanan penjara untuk yang pertama kalinya.

Mendengar kata 'penjara' saja sudah membuat merinding. Mungkin tidak akan pernah terbayangkan untuk mencoba makanan yang dimakan oleh para narapidana di dalam penjara.

Bagi masyarakat awam untuk mencoba makanan penjara berarti harus masuk penjara terlebih dahulu. Penjara diketahui sebagai tempat di mana para penjahat dihukum dan tinggal untuk menjalani masa hukumannya.

Makanan yang diberikan kepada narapidana yang berada di penjara inilah yang kemudian disebut sebagai makanan penjara. Lantas bagaimana kira-kira rasanya?

Pertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang SukuPertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang Suku Foto: YouTube/Reactistan

Dilansir melalui video yang diunggah pada YouTube Reactistan (23/6), beberapa orang suku telah dikumpulkan untuk diberikan kesempatan mencoba makanan penjara sama dengan yang dikonsumsi para narapidana. Mereka begitu terkejut bahkan salah satu diantaranya bertanya apakah ia harus diborgol seperti narapidana juga.

Beberapa jenis makanan penjara telah disiapkan. Semua jenis makanan penjara yang disiapkan ini berasal dari negara yang berbeda-beda. Pertama-tama mereka diberikan makanan penjara yang biasa disajikan untuk narapidana di Amerika Serikat.

Baca juga: Unik! YouTuber Ini Buat Konten 24 Jam Santap Makanan Penjara

Makanan penjara yang disajikan di penjara-penjara di Amerika Serikat ternyata sangat sederhana. Pada sebuah piring bersekat yang terbuat dari besi diisi dengan sandwich, sebuah apel dan sekantong keripik kentang,

"Ini baik karena memberikan makanan dalam jumlah sedikit. Sedikit makan akan membuat mereka mudah berpikir tentang kejahatan yang dilakukan," kata Mustafa.

Setelah Amerika Serikat, selanjutnya makanan penjara darii India. Isi dari makanan penjara di India ini lebih beragam dibandingkan dengan makanan penjara dari Amerika Serikat. Ada nasi, lauk, sayur dan kari.

Ternyata di India, masyarakatnya diberi kesempatan untuk mencoba hidup seperti di penjara. Untuk merasakan sehari hidup di penjara mereka yang penasaran diharuskan membayar sebesar lebih dari Rp 388 ribu.

"Ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan apa yang didapatkan oleh para narapidana di masa lampau," kata Mustafa yang pernah mengunjungi penjara untuk menjenguk salah satu saudaranya.

Pertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang SukuPertama Kali Cicip Makanan Penjara, Begini Reaksi Orang-orang Suku Foto: YouTube/Reactistan

Setelah makanan penjara India, mereka disajikan kongbap. Kongbap ini merupakan hidangan seperti nasi yang telah dicampurkan beberapa bahan dan disajikan untuk para narapidana di Korea Selatan.

Berbeda dengan makanan penjara dari negara lain, makanan penjara dari Korea Selatan ini begitu sederhana namun padat nutrisi. Hanya disajikan dalam sebuah mangkuk berukuran sedang tetapi berbagai bahan tambahan padat nutrisi dicampurkan dalam nasi yang disajikan.

"Keluargaku juga pernah membuat nasi semacam ini. Menambahkan bahan-bahan seperti kacang merah, salah satunya, ke dalam nasi," kata Mustafa.

Setelah mencoba berbagai makanan penjara dari beberapa negara mereka mengungkapkan respon yang merasa bersyukur. Salah satunya bahkan mengatakan merasa bersalah jika protes hanya karena secangkir teh yang kurang gula sedangkan para narapidana harus makan makanan tanpa rasa bahkan beberapa makanan tidak ada rasanya sama sekali.

Baca juga: 5 Makanan Unik di Penjara, Mie Instan hingga Hasil Masakan Sendiri



Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com