Viral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan Bihun

Riska Fitria - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 12:00 WIB
Viral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan Bihun Foto: TikTok @babyrenxiao
Jakarta -

Viral seorang pengguna TikTok dihujat oleh netizen karena menyebut soun sebagai bihun palsu. Supaya tak keliru, sebaiknya kenali bedanya soun dan bihun.

Lewat sebuah video singkat, seorang pengguna TikTok dengan akun @babyrenxiao menyampaikan pendapatnya. Ia memperlihatkan soun di dalam baskom yang disebutnya sebagai 'bihun palsu'.

Padahal yang diperlihatkan di videonya adalah soun yang belum direndam dengan air, sehingga terlihat kaku seperti plastik. Dalam video tersebut, ia juga memperingatkan kepada semua orang untuk berhati-hati.

Baca Juga: Bikin Laper! Bakso Soun dan Mie Ayam Ceker Enaknya Menjadi-jadi

Viral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan BihunViral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan Bihun Foto: TikTok @babyrenxiao

"Ibu-ibu tolong jaman sekarang banyak bihun palsu. Bihun ini dari plastik, ya ampun, ini gak bisa dimakan. Tolong sebarkan di grup WA, semua orang harus tau ini," ujarnya.

"Bihun dari plastik ini gak aman untuk dikonsumsi, Atsgafirullah jaman sekarang," sambungnya.

Video tersebut sontak ditanggapi netizen. Ternyata netizen cukup cerdas untuk membedakan antara soun dan bihun. Karena itu tak sedikit yang menganggap pengguna TikTok itu hanya konten semata.

Viral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan BihunViral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan Bihun Foto: TikTok @babyrenxiao

"Aduh begini banget nyari followers. Jangan menjatuhkan produk lain dong, ntar kalau ada yang anggap itu benar gimana," tulis netizen.

"Mbak cantik, itu soun ya bukan bihun," tulis netizen lainnya.

Mungkin sekilas terlihat sama, tetapi antara bihun dan soun memang memiliki banyak perbedaan. Mulai dari bahan baku pembuatan, warna, tekstur, cara memasak dan nutrisi yang terkandung.

Berikut perbedaan soun dan bihun:

1. Soun

Viral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan BihunViral Ibu-ibu sebut Soun Sebagai Bihun Palsu, Ini Bedanya Soun dan Bihun Foto: iStock

Soun merupakan jenis mi kecil yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti seperti kentang, pati kacang hijau, singkong atau ubi. Warnanya bening transparan dan liat atau keras

Karena itulah membuat teksturnya lebih terlihat licin dan kenyal ketika dimasak. Dari segi rasa, soun memiliki karakteristik yang mudah menyerap air dan mengembang.

Jadi, ketika dipadukan dengan bumbu dan kaldu akan terasa lebih gurih, mulur dan menyatu dengan bumbu. Cara menyajikannya adalah dengan merendam soun di dalam air hangat selama sekitar 10-15 menit. Bisa juga direbus sebentar.

Ketika direndam, tekstur soun yang awalnya kaku akan melunak. Setelah matang, soun dapat disajikan ke berbagai jenis makanan seperti bakso, soto, sayur sop dan lainnya.

Dalam 100 gram soun mengandung 351 kalori, lemak sekitar 0,06 gram, protein sebanyak 0,16 gram, karbohidrat sebanyak 86,09 gram, 10 mg sodium dan 10 mg kalium.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com